Manajemen Program Kelas Bina Prestasi dalam Membentuk Madrasah Unggulan Akademik Nasional Studi Kasus Di MAN 2 Ponorogo

Widiyaningsih, Linda Nur (2024) Manajemen Program Kelas Bina Prestasi dalam Membentuk Madrasah Unggulan Akademik Nasional Studi Kasus Di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206200029_Linda Nur Widiyaningsih_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Widiyaningsih, Linda Nur. 2024. Manajemen Program Kelas Bina Prestasi dalam Membentuk Madrasah Unggulan Akademik Nasional (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Prof. Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci: Manajemen, Bina Prestasi, Madrasah Unggulan.
Dalam meningkatkan kualitas dan daya saing pendidikan MAN 2 Ponorogo memiliki kelas unggulan yang disebut dengan Bina Prestasi. Bina Prestasi di MAN 2 Ponorogo dilaksanakan sejak tahun 2012 dan sudah banyak prestasi-prestasi yang diperoleh peserta didiknya. Maka disini, peneliti ingin mengkaji lebih dalam terhadap apa yang dilakukan oleh MAN 2 Ponorogo tentang bina prestasi sehingga sudah sangat relevan dalam konteks meningkatkan kualitas dan daya saing pendidikan. Selain itu, juga dapat memberikan informasi kepada madrasah lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi program kelas bina prestasi dalam membentuk madrasah unggulan akademik nasional studi kasus di MAN 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus yang mendasarkan pada suatu program. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis Miles, Huberman, dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisa data ditemukan bahwa (1) Perencanaan program kelas bina prestasi dalam membentuk madrasah unggulan akademik nasional studi kasus di MAN 2 Ponorogo yaitu: program kerja, tujuan dan manfaat program, pembiayaan, waktu, penanggung jawab, pelaksana, mitra, dan sasaran. (2) Pengorganisasian program kelas bina prestasi dalam membentuk madrasah unggulan akademik nasional studi kasus di MAN 2 Ponorogo yaitu: adanya struktur tersendiri untuk Tim Pengelola Kelas Bina Prestasi berkordinasi langsung dibawah naungan Waka Kurikulum. (3) Pelaksanaan program kelas bina prestasi dalam membentuk madrasah unggulan akademik nasional studi kasus di MAN 2 Ponorogo yaitu: a) Memberikan kegiatan atau program unggulan untuk peserta didik yang berada di kelas bina prestasi. b) Mengarahkan peserta didik untuk mengikuti berbagai perlombaan baik tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional, maupun Internasional. c) Muatan kurikulum yang digunakan untuk proses pembelajaran sesuai dengan kebijakan Pemerintah yang berlaku saat ini yaitu K13 dan Kurikulum Merdeka (Kurmer). d) Metode pembelajaran menggunakan strategi student centre. e) Media pembelajaran digital dengan berbagai platfrom. f) Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. (4) Evaluasi program kelas bina prestasi dalam membentuk madrasah unggulan akademik nasional studi kasus di MAN 2 Ponorogo yaitu: menerapkan evaluasi sumatif. Sedangkan evaluasi pembelajaran program kelas bina prestasi bagi peserta didik dalam bentuk Computer Based Test (CBT), Praktikum (Kimia, Fisika dan Biologi), Laporan Hasil Praktikum, dan Portofolio.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:57
Last Modified: 19 Jun 2024 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28637

Actions (login required)

View Item View Item