Putri, Chyndi Emilia (2024) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran PAI Kelas X SMA Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200038_Chyndi Emilia Putri_PAI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Putri, Chyndi Emilia. 2024. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PAI Kelas X SMA Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem-Based Learning, Berpikir Kritis.
Kemajuan pada bidang teknologi yang begitu pesat pada abad ke-21 ini dimanfaatkan oleh lembaga-lembaga pendidian untuk mengembangkan, mengoptimalkan, dan memajukan proses pendidikan di Indonesia. Dibalik kecanggihan teknologi tersebut oleh peserta didik justru disalahgunakan. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan dalam berpikir kritis kurang berkembang dan tergolong rendah. Oleh karena itu, pada proses pembelajaran diperlukan model pembelajaran yang relevan yaitu problem based learning. Karena dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah, serta menjadikan peserta didik lebih mandiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan model pembelajaran problem based learning dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PAI materi SKI kelas X3 di SMA Negeri 1 Jenangan Ponorogo; (2) pelaksanaan model pembelajaran problem based learning dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PAI materi SKI kelas X3 di SMA Negeri 1 Jenangan Ponorogo; (3) evaluasi model pembelajaran problem based learning dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PAI materi SKI kelas X3 di SMA Negeri 1 Jenangan Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari peserta didik dan guru PAI kelas X3 di SMA Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) perencanaan model pembelajaran problem based learning dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PAI materi SKI kelas X3 SMA Negeri 1 Jenangan Ponorogo yaitu menyusun modul ajar dan pemilihan bahan pelajaran yang sesuai. (2) pelaksanaan model pembelajaran problem based learning dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PAI materi SKI kelas X3 SMA Negeri 1 Jenangan Ponorogo terdapat 3 kegiatan yaitu kegiatan pembuka/pendahuluan, inti, dan penutup. (3) evaluasi model pembelajaran problem based learning dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PAI materi SKI kelas X3 SMA Negeri 1 Jenangan Ponorogo yaitu terdapat tiga penilaian diantaranya penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mukhlison Effendi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 02:41 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 02:41 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28622 |
Actions (login required)
View Item |