Safitri, Diana Yuli (2024) perlindungan hukum terhadap konsumen marketplace dalam kasus retur perspektif hukum ekonomi syariah dan hukum positif (studi pada kasus retur marketplace shopee). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
E THESIS DIANA YULI SAFITRI HES.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Safitri, Diana Yuli 2024. Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Marketplace
Dalam Kasus Retur Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Dan Hukum Positif (Studi Pada Kasus Retur Marketplace Shopee). Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Rooza Meilia Anggraini, M.H.
Kata Kunci/Keywords : Perlindungan Konsumen, Hukum Ekonomi Syariah, Retur, Hukum Positif
Teknologi yang semakin canggih membuat masyarakat melakukan kegiatan jual beli tidak harus dilakukan dengan cara bertatap muka atau bertemu secara langsung. Kegiatan jual beli dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun secara online. Namun, dengan adanya kemudahan tersebut masyarakat juga harus waspada serta selektif karena secanggihnya teknologi juga memiliki efek sampingnya yang menyebabkan kerugian. Seperti yang terjadi pada ketiga narasumber dalam penelitian ini yang merupakan korban dari kasus retur dalam sistem pengajuan pengembalian di marketplace shopee. Adanya sistem pengajuan pengembalian barang (retur) sebagai upaya perlindungan pada konsumen dalam marketplace shopee ternyata masih memunculkan adanya masalah.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1) bagaimana praktik perlindungan konsumen marketplace dalam kasus retur perspektif Hukum Ekonomi Syariah dan Undang Undang Perlindungan Konsumen? (2) bagaimana dampak dari perlindungan konsumen marketplace dalam kasus retur perspektif Hukum Ekonomi Syariah dan Undang Undang Perlindungan Konsumen?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatf (Field Research) dengan menggunakan pendekatan normatif-empiris. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam praktik kasus retur yang diteliti tidak sesuai dengan Undang Undang Perlindungan Konsumen dan Hukum Islam khiya>r, yang didalamnya terdapat hak serta kewajiban konsumen dan pelaku usaha. Karena dalam praktiknya masih banyak memberikan kerugian pada konsumen. Hal tersebut terjadi karena adanya keterbatasan hak dan kewajiban yang disebabkan oleh penjual. Adanya perlindungan konsumen seharusnya memberi dampak baik bagi konsumen, namun dalam praktiknya yang terjadi ialah perlindungan konsumen tidak dijalankan dalam kegiatan jual beli tersebut. Jika dianalisis menggunakan Hukum Islam dan Hukum Positif perlindungan konsumen juga belum didapatkan oleh ketiga informan, hal tersebut memberikan dampak buruk bagi ketiganya, seperti mengalami kerugian dalam hal waktu maupun uang, kekecewaan, dan hilangnya kepercayaan kepada penjual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Rooza Meilia Anggraini |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 02:26 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 02:26 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28605 |
Actions (login required)
View Item |