PERAN MATA KULIAH PEMBELAJARAN PAI BERBASIS TIK DI KAMPUS IAIN PONOROGO DALAM MENYIAPKAN PROFESIONALISME GURU PAI

ISTIQOMAH, FINI (2024) PERAN MATA KULIAH PEMBELAJARAN PAI BERBASIS TIK DI KAMPUS IAIN PONOROGO DALAM MENYIAPKAN PROFESIONALISME GURU PAI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200078_FINI ISTIQOMAH_SKRIPSI.pdf

Download (797kB) | Preview

Abstract

Istiqomah, Fini. 2024. Peran Mata Kuliah Pembelajaran PAI Berbasis TIK di Kampus IAIN Ponorogo dalam Menyiapkan Profesionalisme Guru PAI. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. H. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci: Pembelajaran PAI Berbasis TIK, Profesionalime Guru PAI
Guru di dalam proses belajar mengajar mempunyai peran untuk membantu supaya proses belajar mengajar siswa bisa berjalan dengan lancar. Profesi guru adalah profesi yang dinamis, maksudnya profesi guru berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di era digital saat ini kegiatan pembelajaran menggunakan TIK merupakan kompetensi wajib yang harus dimiliki oleh guru. Banyak kendala yang dialami guru ketika sekolah dituntut untuk melaksanakan proses pembelajaran berbasis teknologi, khususnya masalah-masalah yang berkaitan dengan kompetensi TIK guru yang masih kurang. Kompetensi TIK perlu dipersiapkan oleh mahasiswa yang berstatus sebagai calon guru untuk menyiapkan profesionalsime guru yang baik. Tetapi saat ini masih banyak mahasiswa yang kesulitan dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Dengan demikian mata kuliah pembelajaran PAI berbasis TIK perlu diteliti untuk mengetahui kontribusinya dalam menyiapkan profesionalisme guru PAI.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) Pelaksanaan pembelajaran mata kuliah pembelajaran PAI berbasis TIK di Kampus IAIN Ponorogo. (2) Kontribusi mata kuliah pembelajaran PAI berbasis TIK terhadap pengembangan kompetensi profesional guru PAI. (3) Urgensi mata kuliah pembelajaran PAI berbasis TIK dalam menyiapkan profesionalisme guru PAI.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengambilan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Proses pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah pembelajaran PAI berbasis TIK tersusun secara sistematis mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran sampai dengan penilaian pembelajaran. (2) Kontribusi mata kuliah pembelajaran PAI berbasis TIK dalam mengembangkan kompetensi profesional guru PAI adalah sebagai wadah untuk menambah wawasan dan mengembangkan keterampilan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. (3) Mata kuliah pembelajaran PAI berbasis TIK berperan penting dalam menyiapkan profesionalisme guru PAI untuk menghadapi tantangan guru abad 21.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:09
Last Modified: 19 Jun 2024 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28577

Actions (login required)

View Item View Item