Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an Melalui Program Habituasi Siswa Kelas V di SDN Babadan 1 Paron Ngawi

Widiani, Ambar Safa (2024) Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an Melalui Program Habituasi Siswa Kelas V di SDN Babadan 1 Paron Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200012 AMBAR SAFA WIDIANI PGMI.pdf

Download (974kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Widiani, Ambar Safa. 2024.Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an
Melalui Program Habituasi Siswa Kelas V di SDN Babadan 1 Paron Ngawi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakutlas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, M. Fathurahman, M.Pd.I.

Kata Kunci : Kesulitan Membaca Al-Qur’an, Program Habituasi, SDN Babadan
1 Paron Ngawi.
Al-Qur’an merupakan pedoman bagi orang muslim selama hidup didunia. Dengan membaca Al-Qur’an seseorang dapat membedakan kebaikan dan keburukan agar tidak tersesat pada kehidupan yang merugikan dirinya sendiri. Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap individu di kalangan orang muslim dan ini merupakan salah satu Misi SDN Babadan 1 Paron Ngawi yaitu melaksanakan kegiatan yang mencerminkan pelaksanaan dan pengamalan keagamaan.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pelaksanaan kegiatan membaca Al-Qur’an melalui program habituasi siswa kelas V di SDN Babadan 1 Paron Ngawi. (2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan membaca Al-Qur’an melalui program habituasi siswa kelas V di SDN Babadan 1 Paron Ngawi, (3) Mengetahui hasil pelaksanaan program habituasi dalam kegiatan membaca Al-Qur’an siswa kelas V di SDN Babadan 1 Paron Ngawi. Sehingga nantinya dapat dicari solusi yang tepat untuk mengatasi kendala dalam kegiatan tersebut.
Pendekatan yang diguakan adalah pendekatan kualitatif berbentuk deskriptif. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan studi kasus. Proses penghimpunan data yang dilakukan peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan metode analisis yang akan diterapkan oleh peneliti.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pelaksanaan kegiatan membaca Al-Qur’an telah terorganisir dan terencana karena mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga mendapatkan hasil dan evaluasi dilakukan dengan penuh persiapan dan kerjasama yang bagus. 2) Faktor pendukung seperti semangat peserta didik, guru, dan lingkungan sosial. Dan faktor penghambat yaitu tingkah laku, penggolongan atau pengelompokan, metode pengajaran teori kurang efektif, orang tua, dan waktu. 3) Hasil pelaksanaan kegiatan membaca Al-Qur’an melalui program habituasi siswa kelas V dapat dikatakan bagus. Berdasarkan hasil tes, terdapat 7 siswa dalam katagori tinggi, kemudian 6 siswa masuk katagori sedang, dan 2 siswa dengan katagori rendah. Pada dasarnya semua siswa telah mengalami perubahan baik berdasarkan kemampuan masing-masing seperti lebih lancar dalam membaca Al-Qur’an, penerapan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an juga telah di terapkan, identifikasi huruf hijaiyyah dan pelafalan sesuai makhrajul huruf juga sudah bagus.Dengan adanya program habituasi yang digunakan membuat siswa memiliki kebiasaan terhadap membaca Al-Qur’an dan telah terdapat progress yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:04
Last Modified: 19 Jun 2024 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28573

Actions (login required)

View Item View Item