Putri, Lilis Eka (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Ekstakurikuler Kepramukaan dalam Membentuk Karakter Disiplin dan Tanggungjawab Siswa Kelas Atas SDN 2 Kalikuning Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
LILIS EKA PUTRI 203200058UPLOAD.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh semua peserta didik di tingkatan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah hingga jenjang Sekolah Menengah Atas. Melalui kegiatan pramuka siswa dapat belajar untuk bersikap jujur, memiliki rasa tanggung jawab, rasa cinta lingkungan dan pribadi disiplin. Hal ini tertuang dalam dasa darma pramuka yang digunakan sebagai kode kehormatan seluruh anggota pramuka.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDN 2 Kalikuning Pacitan dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui kegiatan kepramukaan di kelas atas SDN 2 Kalikuning Pacitan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian adalah siswa golongan penggalang yaitu kelas 4, 5 dan 6 di SDN 2 Kalikuning Pacitan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman (reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) ekstrakurikuler pramuka dilaksanakan setiap hari sabtu berdasarkan program latihan yang telah disusun pembina bersama kamabigus melalui rapat program tahunan lembaga. 2) Pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik di SDN 2 Kalikuning Pacitan melalui ekstrakurikuler pramuka adalah dengan menggunakan pembiasaan, nasihat dan sanksi, pembina memberikan contoh dan pemberian reward kepada siswa teladan yang berhasil mencapai prestasi tertentu. 3) Faktor pendukung pembentukan karakter ini adalah kerjasama yang baik antara pembina dan guru serta siswa yang mau menyadari pentingnya karakter disiplin dan tanggung jawab, sedangkan faktor penghambatnya adalah mengenai tempat jika dilaksanakan kegiatan bersamaan dan ada siswa yang kurang menyadari peraturan.
Kata Kunci: Kepramukaan, karakter, disiplin, tanggung jawab
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Rangga Agnibaya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 02:00 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 02:00 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28552 |
Actions (login required)
View Item |