KOMUNIKASI PERSUASIF PENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN MURID DI TPQ NURUSSIBYAN KECAMATAN GEGER KABUPATEN MADIUN

Maharany, Aprias Dela (2024) KOMUNIKASI PERSUASIF PENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN MURID DI TPQ NURUSSIBYAN KECAMATAN GEGER KABUPATEN MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Aprias Dela Maharany KPI Iain Ponorogo.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maharany, Dela Aprias. 2024. Komunikasi Persuasif Ustadz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di TPANurussibyan. Skripsi. Jurusan. Komunikasi Penyiaran Islam. Fakultas Ushuludin, Adab, dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Kayyis Fithri Ajhuri, M.A.
Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Pengajar, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Murid
Kemampuan berkomunikasi secara efektif pada dasarnya akan menentukan keberhasilan seseorang dimana pun ia berada. yaitu memiliki tujuan untuk mempengaruhi sikap seseorang dengan baik. Dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an cenderung membantu dan memahami komunikasi dengan santri dan menuangkan hal positif selama pembelajaran merupakan kebutuhan untuk mencapai tujuan dalam pendidikan. Keterampilan ini membutuhkan konsep dan pengalaman praktis dengan membantu santri mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana komunikasi persuasif pengajar dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an kepada santri menggunakan komunikasi persuasif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan prosedur pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pengajar di TPQ nurussibyan. Hasil perolehan data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan sbb : Penelitian ini menggunakan penerapan teknik komunikasi persuasif oleh pengajar di TPQ Nurussibyan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an murid. Teknik komunikasi persuasif yang digunakan meliputi teknik asosiasi, teknik ganjaran, dan teknik tataan, Selain itu, komunikasi yang digunakan dalam mengajar menggunakan komunikasi informal atau nonverbal seperti bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan gerakan tangan digunakan untuk memperjelas pesan dan memotivasi murid. Melalui pendekatan ini, pengajar berhasil membantu murid memahami dan mengaplikasikan dengan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan komunikasi persuasif yang tepat secara signifikan mendukung peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an santri di TPQ Nurussibyan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 01:59
Last Modified: 19 Jun 2024 01:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28550

Actions (login required)

View Item View Item