Tri Siska, Defi (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, DAN PERBAIKI ALAMAT WEBSITE ETHESIS DI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pola Asuh Grandparenting Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini Di Desa Tanjungsari Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
upload skripsi 2.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Saat ini, banyak orang tua yang mengalihkan pengasuhan anaknya kepada kakek dan nenek. Dalam pengasuhan anak, masing-masing kakek dan nenek memiliki gaya dan cara tersendiri, pola asuh yang diterapkan dalam keluargapun berbeda antara keluarga satu dengan keluarga yang lainnya, hal itu disebabkan oleh karakteristik dari setiap keluarga. Bentuk-bentuk pola asuh sangat erat hubungannya dengan kepribadian anak setelah menjadi dewasa, apabila pola asuh yang diterapkan keliru, akan berpengaruh buruk pada kepribadian anak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pola asuh grandparenting ditinjau dari tingkat pendidikan kakek dan nenek dalam membentuk kemandirian anak usia dini? Bagaimana pola asuh grandparenting ditinjau dari lingkungan kakek dan nenek dalam membentuk kemandirian anak usia dini? Bagaimana pola asuh grandparenting ditinjau dari budaya kakek dan nenek dalam membentuk kemandirian anak usia dini? Adapun skripsi ini merupankan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research)dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deduktif.
Hasil dari penelitian ini ialah kakek dan nenek dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi cenderung memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dalam membimbing anak untuk menjadi mandiri. Mereka lebih mampu memberikan dukungan dan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan kemandirian mereka. lingkungan yang diciptakan oleh pola asuh grandparenting dapat mempengaruhi perkembangan kemandirian anak. Lingkungan fisik yang aman, terstruktur, dan memungkinkan anak untuk mengeksplorasi secara mandiri dapat membantu anak merasa nyaman untuk mencoba hal-hal baru dan menjadi mandiri. Kakek dan nenek sering menjadi bagian penting dalam pembentukan identitas budaya dan nilai-nilai keluarga. Berbagai aspek dari budaya keluarga yang ditransmisikan oleh kakek dan nenek, seperti nilai-nilai, tradisi, dan pola asuh, dapat mempengaruhi perkembangan kemandirian anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 01:45 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 01:45 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28510 |
Actions (login required)
View Item |