..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..ANALISIS FIKIH SIYASAH TERHADAP PERAN PANITIA PENGAWAS PEMILU (PANWASLU) DALAM PELANGGARAN KAMPANYE DINI PADA MEDIA SOSIAL DI KECAMATAN PUHPELEM KABUPATEN WONOGIRI

Khasanah, Uswatun (2024) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..ANALISIS FIKIH SIYASAH TERHADAP PERAN PANITIA PENGAWAS PEMILU (PANWASLU) DALAM PELANGGARAN KAMPANYE DINI PADA MEDIA SOSIAL DI KECAMATAN PUHPELEM KABUPATEN WONOGIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
pdf skripsi up perpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Khasanah, Uswatun, 2024. Analisis Fikih Siyasah Terhadap Peran Panitia Pengawas Pemilu Dalam Pelanggaran Kampanye Dini Pada Media Sosial Di Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogri. Skripsi. Jurusan Hukum Tata Negara Fakultas Syariah Institus Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Rooza Meilia Anggraini, M.H.
Kata Kunci: Fikih Siyasah, Panwaslu, Kampanye, Media Sosial
Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) idealnya melakukan kewenangannya sebagai pengawas Pemilu dalam setiap penyelenggaran Pemilu. Namun, masih banyak faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dalam menindaklanjuti pelanggaran yang terjadi termasuk pelanggaran kampanye di media sosial yang dilakukan sebelum tanggal kampanye dimulai. Penelitian ini dilatar belakangi adanya temuan pelanggaran kampanye dini di media sosial yang dilakukan oleh Caleg DPRD Dapil 3 di Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri yang tidak ditindak lanjuti oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Puhpelem. Mengingat kampanye baru bisa dimulai tanggal 28 November 2023-10 Februari 2024. Terdapat temuan video yang diunggah di aplikasi tiktok pada tanggal 31 Oktober 2023 dan 7 November 2023 di akun pribadi salah satu Caleg.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tinjauan fikih siyasah terhadap peran panitia pengawas pemilu dalam mengawasi kampanye dini di media sosial yang dilakukan di Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri? Bagaimana tinjauan fikih siyasah terhadap upaya panwaslu Kecamatan Puhpelem dalam menindaklanjuti temuan pelanggaran kampanye dini di media sosial?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di wilayah Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Kemudian, data tersebut dianalisis mengunakan Kaidah Fikih Siyasah dan Undang-undang nomer 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.
Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa Panwaslu Kecamatan Puhpelem telah melakukan perannya dalam melakukan pencegahan kampanye di media sosial dengan cara melakukan sosialisasi dan semacam memberikan leaflet dan pamflet tentang pencegahan pelanggaran kampanye di media sosial. Tetapi Panwascam Puhpelem gagal dalam melaksanakan upaya menindaklanjuti temuan pelanggaran yang terjadi di Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri. Panwascam tidak melaksanakan tugasnya seperti yang tertera pada peraturan perundangan-undangan yang berlaku tentang penanganan pelanggaran kampanye di media sosial. Hasil penelitian ini menjelaskan jika Peran dan Upaya panwaslu sudah sesuai dengan kaidah fikih siyasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Tata Negara
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:06
Last Modified: 14 Jun 2024 07:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28462

Actions (login required)

View Item View Item