Hidayat, Nur (2024) internalisasi nilai-nilai profil pelajar rahmatan lil alamiin dalam mewujudkan islam moderat d man 2 ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Naskah Tesis-Nur Hidayat-505220022 - Upload.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Implementasi rahmat bagi semesta alam sudah meluas hampir ke berbagai belahan dunia. Secara etimologis, Islam berarti damai, sedangkan rahmatan lil `alamin berarti `kasih sayang bagi semesta alam. Oleh karena itu, Islam rahmatan lil'alamin menggambarkan Islam yang mampu menciptakan kedamaian dan kasih sayang di tengah masyarakat. Namun, di tengah keberagaman budaya dan bahasa dalam kehidupan madrasah, seringkali terjadi konflik yang tidak selaras dengan ajaran Islam. Berita tentang perilaku negatif remaja seperti kekerasan di antara sesama, individualisme yang eksklusif, dan sikap intoleransi sering muncul karena perbedaan latar belakang. MAN 2 Ponorogo sebagai institusi Pendidikan keagamaan yang komitmen menyiapkan generasi muda untuk mencetak generasi pribadi yang rahmatan lil alamiin melalui kegiatan interakurikuler, budaya di madrasah. Ko-kurikuler, dan Ekstrakurikuler agar tidak terjerumus dalam intoleransi dan radikalisme sebagai generasi penerus bangsa.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber dengan cara membandingkan hasil data yang berkaitan dengan kegiatan di madrasah, bentuk nilai rahmatan lil alamiin, dan implikasi dari P2RA dengan membandingkan data antara hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan (1) Kegiatan yang diprogramkan dalam menginternalisasikan P2RA; (2) bentuk internalisasi nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di MAN 2 Ponorogo; dan (3) Implikasi internalisasi nilai Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamiin di MAN 2 Ponorogo dalam mewujudkan Islam moderat.
Dari penelitian ini telah ditemukan 3 temuan. Pertama, terintegrasi melalui budaya di madrasah, kegiatan interakurikuler, ko-kurikuler, dan ekstrakurikuler. Kedua, bentuk internalisasi nilai P2RA dalam mewujudkan Islam moderat di MAN 2 Ponorogo adalah dengan menekankan pada nilai berkeadaban (ta’addub), nilai keteladanan (qudwah), nilai berimbang (tawazun), nilai musyawarah (Syuro’), dan nilai toleransi (tasamuh). Ketiga, implikasi dari internalisasi nilai P2RA di MAN 2 Ponorogo adalah siswa memiliki jiwa nasionalis, memiliki sikap toleransi yang tinggi, minghindari dan menolak tindakan kekerasan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Basuki |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 01:47 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 01:47 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28426 |
Actions (login required)
View Item |