Penggunaan Media Interaktif Video Audio Visual Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP 1 Maarif Ponorogo

Firdaus, Aprilia Maharani (2024) Penggunaan Media Interaktif Video Audio Visual Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP 1 Maarif Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Firdaus, Aprilia Maharani (2024) Penggunaan Media Interaktif Video Audio Visual Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP 1 Ma'arif Ponorogo.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Firdaus, Aprilia Maharani. 2024. Penggunaan Media Interaktif Video Audio
Visual ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP 1 Ma’arif
Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing,
Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci: Media Interaktif, Video Audio Visual, Minat Belajar
Media merupakan suatu bagian yang penting dari proses pendidikan karena
membantu tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Pembelajaran
interaktif video audio visual memberikan keuntungan bagi pendidik dan peserta
didik. Pentingnya pemilihan media pembelajaran yang tepat akan mempengaruhi
minat belajar siswa yang melibatkan perhatian, fungsi kognitif, kegigihan, dan
keterlibatan sikap.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan tentang bagaimana
pelibatan perhatian siswa dalam menggunakan media interaktif video audio
visual. (2) Menjelaskan tentang bagaimana peningkatan fungsi kognitif siswa
dalam menggunakan media interaktif video audio visual. (3) Menjelaskan tentang
bagaimana pelibatan kegigihan siswa dalam menggunakan media interaktif video
audio visual. (4) Menjelaskan tentang bagaimana pelibatan sikap siswa dalam
menggunakan media interaktif video audio visual di kelas VIII SMP 1 Ma‟arif
Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
jenis studi kasus bersifat analisis deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP 1
Ma‟arif Ponorogo dengan subjek informan kepala sekolah, guru dan siswa.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model Milles & Huberman
meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelibatan perhatian siswa dalam
menggunakan media interaktif video audio visual dinyatakan dengan sebelum
memulai pembelajaran, guru mengajak siswa untuk mengingat materi yang
disampaikan pada pertemuan sebelumnya, selalu mengingatkan tentang masa
depan dan cita-cita, memunculkan hal-hal yang menarik, dan menanyakan
harapan siswa pada pertemuan selanjutnya.. (2) Peningkatan fungsi kognitif siswa
dalam menggunakan media interaktif video audio visual menjadikan siswa lebih
paham dengan materi yang disampaikan dikarenakan dalam video terdapat banyak
kejadian secara nyata diterapkan dikehidupan dan bukan hanya teori saja. (3)
Pelibatan kegigihan siswa dalam menggunakan media interaktif video audio
visual dengan cara pemberian tugas setelah pembelajaran selesai. Adanya
pelibatan kegigihan, mengakibatkan siswa menjadi lebih memiliki sikap
tanggungjawab dan amanah dalam melaksanakan tugasnya. (4) Pelibatan sikap
siswa dalam menggunakan media interaktif video audio visual diantaranya seluruh
siswa memperhatikan dan memahami isi video, seluruh siswa mencatat point-
point penting dari isi materi pelajaran, siswa mengajukan pertanyaan pada guru,
seluruh siswa mengerjakan soal yang diberikan oleh gurunya, dan seluruh siswa
tidak merasa mendapat kendala ketika mengerjakan soal yang dibagikan oleh
guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2024 02:32
Last Modified: 13 Jun 2024 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28391

Actions (login required)

View Item View Item