Indah Anisau, Rohmah (2024) MEDIA OPEN WORD MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PANCASILA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
Thesis Indah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Rohmah, Indah Anisau. 2024. Media Open Word Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dwi Ulfa Nurdahlia, M.Si.
Kata Kunci: Open Word, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila
Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Bukti seseorang telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku mereka, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu dan dari tidak mengerti menjadi mengerti. Proses pembelajaran di kelas IV MI Ma’arif Kadipaten diketahui bahwa, dalam proses pembelajaran guru masih terbiasa menggunakan media pembelajaran berupa buku LKS dan buku paket. Penggunaan media tersebut menjadi siswa merasa bosan dan kurang antusias saat belajar. Sehingga menyebabkan kurang fokus belajar dan materi yang tidak tersampaikan dengan utuh kepada seluruh siswa, kondisi tersebut menyebabkan rendahnya nilai siswa pada mata pembelajaran pendidikan pancasila. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan upaya perbaikan dalam proses pembelajaran dengan mengembangkan media open word mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengembangan dan efektivitas media open word mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di MI Ma’arif Kadipaten.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model ADDIE. Pegambilan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur, observasi, angket, dan tes. Subjek penelitian berasal dari validator ahli dan siswa kelas IV MI Ma’arif Kadipaten. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif
Hasil penelitian ini menggunakan metode pengembangan RnD dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) menghasilkan media dengan nilai validitas rata-rata 92% dengan kategori "sangat layak". Media open word mind mapping juga efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti dari nilai N-Gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang, yang menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah sebesar 68% dengan kategori cukup efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 01:48 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 01:48 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28382 |
Actions (login required)
View Item |