Fatimah, Bulan Permata Ayu (2024) Pengaruh Manajemen Sarana Prasarana dan Proses Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI BULAN PERMATA AYU FATIMAH 206200072.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Fatimah, Bulan Permata Ayu. 2024. Pengaruh Manajemen Sarana Prasarana dan Proses Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Ngawi. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Afni Ma’rufah, M.Pd.
Kata Kunci: Minat belajar siswa, manajemen sarana prasarana, proses pembelajaran.
Pentingnya meningkatkan infrastruktur sarana dan prasarana di sekolah memiliki dampak yang signifikan pada proses pembelajaran. Sarana pendidikan yang secara tidak langsung berhubungan dengan proses belajar mengajar, memegang peran penting dalam meningkatkan proses pembelajaran. Selain itu, perencanaan, pengadaan, distribusi, pemeliharaan dan pengawasan sarana dan prasarana sekolah merupakan aspek penting yang perlu dikelola dengan baik untuk mendukung proses pembelajaran. Oleh karena itu, meningkatkan infrastruktur sarana dan prasarana di sekolah diharapkan dapat memberikan lingkungan belajar yang kondusif, mendukung keterlaksanaan proses pembelajaran dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan (1) manajemen sarana prasarana terhadap minat belajar siswa; (2) proses pembelajaran terhadap minat belajar siswa; (3) manajemen sarana prasarana dan proses pembelajaran terhadap minat belajar siswa.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Pengambilan data dilakukan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian berasal dari siswa SMP Negeri 3 Ngawi yang berjumlah 347 orang dengan jumlah sampel sebanyak 186 orang dengan teknik probability sampling. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Analisis data pada penelitian ini diolah dengan bantuan aplikasi statistik Smart PLS 4.
Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan: (1) terdapat pengaruh antara manajemen sarana prasarana terhadap minat belajar siswa di SMP Negeri 3 Ngawi dengan nilai t-value sebesar 3,329, nilai standar koefisien sebesar 0,198 dan p-value sebesar 0,001. (2) terdapat pengaruh antara proses pembelajaran terhadap minat belajar siswa di SMP Negeri 3 Ngawi dengan nilai t-value sebesar 11,940, nilai standar koefisien sebesar 0,709 dan p-value sebesar 0,000. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen sarana prasarana dan proses pembelajaran terhadap minat belajar siswa di SMP Negeri 3 Ngawi berdasarkan data yang diperoleh peneliti dari hasil analisis regresi linear berganda dengan nilai mean square sebesar 71,149, f-regression sebesar 297,941 dan p-value sebesar 0,00. Berdasarkan ketentuan uji dengan analisis SmartPLS dimana nilai p-value ≤ 0,05 dengan taraf sigifikansi 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen sarana prasarana dan proses pembelajaran berpengaruh terhadap minat belajar siswa di SMP Negeri 3 Ngawi.
ABSTRACT
Fatimah, Bulan Permata Ayu. 2024. The Influence of Infrastructure Management and Learning Process on Student Learning Interest at SMP Negeri 3 Ngawi. Thesis. Department of Islamic Education Management, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Sciences, Ponorogo State Islamic Institute. Advisor: Afni Ma'rufah, M.Pd.
Keywords: Student learning interest, infrastructure management, learning process.
The importance of improving facilities and infrastructure in schools has a significant impact on the learning process. Educational facilities, which are indirectly related to the teaching and learning process, play an important role in improving the learning process. In addition, planning, procurement, distribution, maintenance and supervision of school facilities and infrastructure are important aspects that need to be managed properly to support the learning process. Therefore, improving the infrastructure of school facilities and infrastructure is expected to provide a conducive learning environment, support the implementation of the learning process and improve the overall quality of education.
This study aims to determine the significant effect of (1) infrastructure management on student learning interest; (2) learning process on student learning interest; (3) infrastructure management and learning process on student learning interest.
The research was designed using a quantitative approach with the type of research used is ex post facto. Data were collected through questionnaires, observation and documentation. The study population came from students of SMP Negeri 3 Ngawi, totaling 347 people with a sample size of 186 people using probability sampling technique. The research data were then analyzed using multiple linear regression. Data analysis in this study was processed with the help of the Smart PLS 4 statistical application
The results of inferential statistical analysis show: (1) there is an influence between infrastructure management on student interest in learning at SMP Negeri 3 Ngawi with a t-value of 3.329, a standard coefficient value of 0.198 and a p-value of 0.001. (2) there is an influence between the learning process on student interest in learning at SMP Negeri 3 Ngawi with a t-value of 11.940, a standard coefficient value of 0.709 and a p-value of 0.000. (3) There is a significant influence between infrastructure management and the learning process on student interest in learning at SMP Negeri 3 Ngawi based on data obtained by researchers from the results of multiple linear regression analysis with a mean square value of 71.149, f-regression of 297.941 and a p-value of 0.00. Based on the test provisions with SmartPLS analysis where the p-value ≤ 0.05 with a significance level of 5%, Ho is rejected and Ha is accepted. Based on these results, it can be concluded that infrastructure management and the learning process affect student interest in learning at SMP Negeri 3 Ngawi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Afni Ma'rufah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 08:20 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 08:20 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28356 |
Actions (login required)
View Item |