peran kepala sekolah dan pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesional gpai pada smk ma’arif hasyim asy’ari kasihan tegalombo pacitan

Fatmono, Febri (2024) peran kepala sekolah dan pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesional gpai pada smk ma’arif hasyim asy’ari kasihan tegalombo pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317356_FEBRI FATMONO_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fatmono, Febri. 2023. Peran Kepala Sekolah dan Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional GPAI Pada Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif Hasyim Asy’ari Kasihan Tegalombo Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu KeGuruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Basuki, M.Ag
Kata kunci : Peran Kepala Seolah, Peran Pengawas, Kompetensi Profesional GPAI.
Guru profesional menjadi tuntutan semua pihak untuk mewujudkan idealisme, harapan dan cita cita pendidikan nasional. Guru yang profesional adalah Guru yang mempunyai kemampuan dan keahlian khusus dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar sehingga mencapai sasaran berupa pencapaian tujuan-tujuan yang berkaitan dengan mata pelajaran yang disampaikan dan mempunyai kemampuan yang maksimal. Rendahnya profesional Guru PAI adalah masalah yang perlu diteliti dan dicari solusinya. Jika tidak, maka akan berdampak kepada mutu pendidikan di indonesia khususnya pada mutu hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dalam mencapai tujuan meningkatkan kompetensi profesional GPAI harus ada dukungan dari berbagai pihak. Di Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif Hasyim Asy’ari ada beberapa kegiatan yang di lakukan Kepala Sekolah dan Pengawas dalam meningkatkan Kompetensi Profesional GPAI
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana kegiatan yang dilakukan oleh kepala SMK Ma’arif Hasyim Asy’ari dalam meningkatkan kompetensi profesional Guru PAI. (2) Untuk mendeskripsikan Apa yang dilakukan oleh pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesional Guru PAI. (3) Untuk mendeskripsikan Bagaimana dampak kegiatan yang dilakukan Kepala Sekolah dan pengawas SMK Ma’arif Hasyim Asy’ari Kasihan Tegalombo Pacitan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Milles Huberman dan Saldana meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Adapun hasil penelitian ini adalah (1) peran Kepala Sekolah dalam meningktkan professional GPAI yaitu sebagai educator, manager, leader. yang menyarankan kepada Guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan guna meningkatkan kompetensi profesional Guru . (2) peran Pengawas Sekolah dalam meningktkan professional GPAI meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut pengawasan yang harus dilakukan secara berkesinambungan. (3) dmpak dari kegiatan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dan pengawas yakni: Peningkatan standar kinerja Guru PAI, Peningkatan profesionalitas Guru PAI, Peningkatan motivasi Guru PAI, Terciptanya suasana religius di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:49
Last Modified: 12 Jun 2024 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28332

Actions (login required)

View Item View Item