Rahmawati, Febriana Putri (2024) Upaya Guru dalam Membentuk Kesadaran Beribadah Salat pada Siswa di SMPN 1 Sawoo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Uploud Ethesis IAIN ponorogo.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Rahmawati, Febriana Putri, 2024. Upaya Guru dalam Membentuk Kesadaran Beribadah Salat pada Siswa di SMPN 1 Sawoo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci: Upaya Guru, Kesadaran Beribadah, Salat
Kesadaran beribadah adalah keadaan tahu, mengerti, dan merasa tunduk serta patuh dalam melaksanakan ibadah sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah Swt. Namun kebiasaan buruk remaja masa kini dalam masa pertumbuhan lebih mementingkan kesenangan dirinya sendiri dan kesadaran
beribadahnya masih terbilang rendah dan menyampingkan kebutuhannya seperti acuh, menunda dan melalaikan ibadah salat. Maka dari itu untuk membentuk kesadaran beribadah salat pada siswa diperlukan upaya guru salah satunya upaya
guru dalam membentuk kesadaran beribadah salat siswa yaitu melalui kegiatan salat berjamaah di SMPN 1 Sawoo.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Kesadaran beribadah salat pada siswa di SMPN 1 Sawoo Ponorogo. (2) Upaya guru dalam membentuk kesadaran beribadah salat pada siswa di SMPN 1 Sawoo Ponorogo. (3) Dampak upaya guru dalam membentuk kesadaran beribadah salat pada siswa di SMPN 1
Sawoo Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan rancangan metode penelitian kualitatif. Pengambilan data yang dilaksanakan di SMPN 1 Sawoo dengan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara yang dilakukan berulang kali. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang mencangkup kata-kata dan kalimat dari informan narasumber dan tindakan dari objek penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Siswa SMPN 1 Sawoo Ponorogo memiliki kesadaran beribadah yang beragam dan memiliki 3 kategori dengan beberapa ciri diantaranya: pertama, siswa dengan kesadaran ibadah salat yang baik, kedua, siswa dengan kesadaran ibadah salat yang cukup, ketiga, siswa dengan kesadaran ibadah salat yang kurang baik. (2) Upaya guru dalam membentuk kesadaran beribadah salat pada siswa di SMPN 1 Sawoo Ponorogo diantaranya: memberikan program-program keagamaan kepada siswa seperti pembiasaan salat duha dan zuhur berjamaah di sekolah serta memanfaatkan peran guru sebagai pendidik, sumber belajar dan sebagai teladan.(3) Dampak upaya guru dalam membentuk kesadaran beribadah salat pada siswa
di SMPN 1 Sawoo Ponorogo dapat dilihat dari adanya semangat siswa ketika dilakukan salat duha maupun zuhur berjamaah di sekolah tanpa adanya perintah dan paksaan dari guru. Namun upaya kesadaran beribadah siswa harus tetap dilakukan mengingat adanya faktor-faktor dari luar yang dapat mempengaruhi kualitas ibadah siswa sehingga upaya ini harus dilakukan dan dibiasakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mukhlison Effendi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 02:48 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 02:48 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28326 |
Actions (login required)
View Item |