Citrasari, Feby (2024) Sistem Manajemen Ketatausahaan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Persuratan di SMP Negeri 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI 206200086 FEBY CITRASARI MPI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Citrasari, Feby, 2024. Sistem Manajemen Ketatausahaan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Persuratan di SMP Negeri 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen, Tata Usaha, Layanan Persuratan
Dalam meningkatkan kualitas layanan persuratan maka diperlukan sistem manajemen ketatausahaan yang baik. Manajemen ketatausahaan menjadi hal yang penting dalam peningkatan kualitas layanan persuratan. Karena dengan hal tersebut dapat menjadikan suatu lembaga pendidikan mempunyai acuan dalam pelaksanaan ketatausahaan sehingga pelanggan merasa puas.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Perencanaan ketatausahaan dalam meningkatkan kualitas layanan persuratan, (2) Pelaksanaan ketatausahaan dalam meningkatkan kualitas layanan persuratan, (3) Evaluasi ketatausahaan dalam meningkatkan kualitas layanan persuratan.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisa Miles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Perencanaan ketatausahaan dalam meningkatkan kualiatas layanan persuratan yang ada di SMP Negeri 4 Ponorogo meliputi: perumusan tujuan layanan persuratan, perumusan kebijakan yaitu perumusan cara ataupun koordinasi seluruh kegiatan untuk mencapai tujuan secara terarah dan terkontrol, perumusan prosedur untuk menentukan peraturan dan batasan-batasan dalam memanfaatkan sumber daya, merencanakan skala kemajuan dengan merumuskan standar hasil yang dicapai. (2) Pelaksanaan ketatausahaan dalam meningkatkan kualitas layanan persuratan yang ada di SMP Negeri 4 Ponorogo meliputi: menentukan kebutuhan sumber daya untuk mencapai tujuan, menentukan tugas spesifik untuk bawahan, menentukan metode atau langkah-langkah kerja, memastikan penggunaan peralatan kantor dengan maksimal, mendorong agar setiap individu mempunyai utilisasi/prestasi yang tinggi, mendorong supaya orang atau pegawai bisa mengoperasikan alat-alat kerja. (3) Evaluasi ketatausahaan dalam meningkatkan kualitas layanan persuratan yang ada di SMP Negeri 4 Ponorogo meliputi: proses evaluasi dilakukan dengan memonitoring kendala-kendala yang ada dalam proses pelaksanaan, proses evaluasi tata usaha dilaksanakan oleh seluruh warga SMP Negeri 4 Ponorogo, adanya solusi dalam mengatasinya kendala-kendala yang dihadapi, hasil dari evaluasi akan dijadikan acuan dalam perencanaan berikutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wahid Hariyanto |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 02:54 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 02:54 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28322 |
Actions (login required)
View Item |