(upload ulang sesuai kaidah file harus pdf,..judul memakai huruf kecil semua)..PELAKSANAAN BAURAN PEMASARAN PEDAGANG KAKI LIMA DI LINGKUNGAN WISATA RELIGI KYAI AGENG MUHAMMAD BESARI KABUPATEN PONOROGO

Rokhimah, Siti (2024) (upload ulang sesuai kaidah file harus pdf,..judul memakai huruf kecil semua)..PELAKSANAAN BAURAN PEMASARAN PEDAGANG KAKI LIMA DI LINGKUNGAN WISATA RELIGI KYAI AGENG MUHAMMAD BESARI KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SITI ROKHIMAH 401200121 EKONOMI SYARIAHHH.docx

Download (1MB)

Abstract

Perekonomian merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Kebutuhan akan sandang dan pangan harus dipenuhi setiap harinya. Seperti halnya di Desa Tegalsari Kabupaten Ponorogo terdapat pedagang kaki lima yang berjualan di lingkungan wisata makam kyai ageng besari dengan tujuan adanya pengunjung makam dari berbagai daerah yang kemungkinan besar membeli makanan atau oleh-oleh ziarahnya. Namun pada kenyataannya, usaha berdagang belum sepenuhnya mampu membawa perubahan pada aspek sosial dan ekonomi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kehidupan sosial ekonomi pedagang kaki lima, menganalisis pelaksanaan bauran pemasaran pedagang kaki lima, dan mengetahui dampak pelaksanaan bauran pemasaran terhadap peningkatan pedagang kaki lima. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kehidupan sosial ekonomi pedagang memilih berjualan di kawasan wisata religi Tegalsari karena Masjid Tegalsari sangat terkenal sebagai pusat keagamaan di masa lalu. Pendapatan para pedagang di Wisata Religi Tegalsari sudah cukup untuk memenui kebutuhan sehari-hari. Pendapatan yang diperoleh dalam setiap harinya tidak menentu, pedagang akan memperoleh pendapatan yang meningkat pada hari-hari tertertu seperti pada bulan Ramadhan, hari jum’at, hari sabtu, dan hari minggu karena banyaknya pengunjung di hari-hari tersebut. (2) Pemasaran yang dilakukan pedagang kaki lima di Wisata Religi Tegalsari dalam meningkatkan pendapatan terdapat beberapa cara yaitu, strategi produk, strategi harga, strategi promosi, strategi tempat. (3) Dampak pelaksanaan bauran pemasaran terhadap pendapatan pedagang kaki lima di Wisata Religi Tegalsari yaitu produk yang dijual oleh pedagang wisata religi Tegalsari dapat mempengaruhi pembelian pelanggan dengan banyaknya jenis produk yang ditawarkan, kualitas produk yang baik, kemasan yang menarik dan merek yang dikenal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faruq Ahmad Futaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2024 06:45
Last Modified: 11 Jun 2024 06:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28314

Actions (login required)

View Item View Item