Lestari, Ajeng Dwi (2024) MANAJEMEN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ‘ALAMIN DI MTSN KOTA MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_206200053_AJENG DWI LESTARI .pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Lestari, Ajeng Dwi. 2024. Manajemen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin di MTsN Kota Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Panggih Wahyu Nugroho, M.Pd.
Kata Kunci: manajemen, profil pelajar Pancasila, Rahmatan Lil ‘Alamin.
Kajian ini dilatar belakangi oleh adanya pelajar di setiap jenjang belum sepenuhnya memahami nilai-nilai dalam pancasila serta kurang mampu menghubungkan nilai yang terkandung dalam pancasila dengan keseharian. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (P5 P2RA) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati serta memikirkan solusi terhadap permasalahan yang ada di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar. P5 P2RA merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menguatkan karakter profil pelajar pancasila serta profil pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin di MTsN Kota Madiun; 2) pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin di MTsN Kota Madiun; 3) evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin di MTsN Kota Madiun.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pada teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di MTsN Kota Madiun yaitu pembentukan tim fasilitator oleh kepala madrasah, mengidentifikasi kesiapan madrasah, merancang tema, dimensi dan alokasi waktu, menyusun modul projek, dan perancangan strategi pelaporan hasil projek. (2) pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di MTsN Kota Madiun yaitu dilakukan dengan alur pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi dan tindak lanjut. (3) evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di MTsN Kota Madiun yaitu dilakukan pemantauan dan penilaian dari awal hingga akhir projek oleh tim fasilitator terkait projek yang dilakukan disertai pengisian jurnal pelaksanaan projek dan hasil nilai yang didapatkan akan dilampirkan pada rapot projek. Selain itu, adanya evaluasi bersama tim fasilitator untuk mengetahui kendala yang terjadi. Hasil dari evaluasi, pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin berjalan cukup baik, meskipun terdapat kendala yaitu sebagian anggota dalam satu kelompok tidak ikut mengerjakan karena cenderung bermain Gadget saat melaksanakan projek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Panggih Wahyu Nugroho |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 03:09 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 03:09 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28290 |
Actions (login required)
View Item |