Zulfa, Nur Fita Aulatul (2024) Implementasi Program Full Day School Dalam Membentuk Kepribadian Islami Siswa di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
IMPLEMENTASI PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA DI SMK KESEHATAN BINA KARYA MEDIKA PONOROGO.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Zulfa, Nur Fita Aulatul. 2024. Implementasi Program Full Day School Dalam Membentuk Kepribadian Islami Siswa di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Safiruddin Al Baqi, M.A.
Kata Kunci: Full Day School, Kepribadian Islami, Siswa
Sistem full day school memiliki waktu belajar lebih lama yaitu mulai dari pagi hingga sore hari sehingga banyak diminati oleh masyarakat pada zaman sekarang karena dinilai lebih efektif untuk mendidik anak. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh perilaku remaja yang mulai menyimpang pada zaman modern ini. Banyak dari mereka yang menggunakan waktu luang setelah pulang sekolah untuk hal yang tidak bermanfaat seperti nongkrong, main game online hingga lupa melaksanakan sholat dan ibadah lainnya. Berdasarkan hal tersebut dalam program pendidikan seperti ini diharapkan mampu membentuk siswa yang memiliki kepribadian yang baik yaitu kepribadian yang berlandaskan nilai-nilai Islami. Lembaga pendidikan diharapkan mampu membentuk kepribadian Islami siswanya, karena sebagian waktu anak dihabiskan disekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan program full day school di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo, (2) Mengetahui bagaimana problematika program full day school terhadap pembentukan kepribadian Islami siswa di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo, (3) Menganalisis dampak program full day school terhadap pembentukan kepribadian Islami siswa di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo.
Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik menganalisis datanya menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji kredibilitas atau kepercayaan terhadap data hasil penelitian kualitatif. Uji kredibilitas dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, analisis kasus negative, dan membercheck.
Hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan program full day school di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo dalam membentuk kepribadian islami siswa dilaksanakan melalui program-program, keagamaan. Adapun program-program keagamaan yang diterapkan digolongkan menjadi empat bagian, yaitu program harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Program harian seperti berdoa sebelum dan sesudah pelajaran, pembacaan asmaul-husna, dan sholat dhuhur berjamaah. Program mingguan diisi dengan pembacaan yaasin, pelaksanaan sholat dhuha, dan hafalan surat-surat pendek. Ketiga adalah program bulanan yaitu kegiatan istighosah dan Jum’at amal, dan yang terakhir program tahunan yaitu kegiatan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad saw., Isra’ Mi’raj, Pondok Ramadhan, bagi-bagi takjil dan bakti sosial. (2) Problematika program full day school terhadap pembentukan kepribadian Islami siswa di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo antara lain: keterbatasan sumber daya (sarana dan prasarana), kesesuaian kurikulum dengan metode pembelajaran yaitu tantangan menciptakan keseimbangan antara aspek akademik dan aspek agama dan kurangnya keterlibatan orangtua dan lingkungan Masyarakat. (3) Dampak program full day school terhadap pembentukan kepribadian Islami siswa di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo mampu meningkatkan kesadaran baik spiritual, moral maupun sosial siswa. Dari segi spiritual siswa mampu merasakan kedekatan dengan Tuhan, memperkuat iman, dan mampu menumbuhkan konsistensi siswa untuk selalu menjalankan kebaikan. Dari segi moral dapat menumbuhkan nilai-nilai Islami pada peserta didik, seperti nilai kejujuran, kedisiplinan, kesabaran, kesopanan, dan empati yang dicerminkan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan dari segi social yaitu dapat memperkuat tali persaudaraan antar sesame muslim dan menumbuhkan simpati serta kerjasama sesama warga sekolah. Adapun dampak negatifnya yaitu adanya rasa bosan yang timbul dalam diri siswa karena lamanya waktu belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Safiruddin Al Baqi, M.A. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 02:47 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 02:47 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28273 |
Actions (login required)
View Item |