Maharani, Rizky Martania (2024) Pengaruh Kesadaran Hukum, Label Halal, Dan Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Halal (Studi Kasus Pada Santri Putri Pondok Pesantren Ittihadul Ummah). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Rizky Martania Maharani_102200139_Skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Maharani, Rizky Martania 2024. Pengaruh Kesadaran Hukum, Label Halal, Dan Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Halal (Studi Kasus Pada Santri Putri Pondok Pesantren Ittihadul Ummah). Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Yudhi Achmad Bashori, M.H.I.
Kata Kunci/Keywords: Kesadaran Hukum Label Halal Dan Kesadaran Halal, Keputusan Pembelian Produk Skincare Halal
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya produk-produk yang belum memiliki sertifikasi halal di Indonesia dan masih banyaknya konsumen muslim yang membeli produk tersebut. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menguji apakah kesadaran hukum, label halal dan kesadaran halal terhadap keputusan pembelian produk skincare halal di kalangan santri putri Pondok Pesantren Ittihadul Ummah Ponorogo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah kesadaran hukum berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk skincare halal santri putri Pondok Pesantren Ittihadul Ummah?, Apakah label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk skincare halal santri putri Pondok Pesantren Ittihadul Ummah?, Apakah kesadaran halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk skincare halal santri putri Pondok Pesantren Ittihadul Ummah?, Apakah kesadaran hukum dan label halal secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk skincare halal santri putri Pondok Pesantren Ittihadul Ummah?, Apakah kesadaran hukum dan kesadaran halal secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk skincare halal santri putri Pondok Pesantren Ittihadul Ummah?, Apakah label halal dan kesadaran halal secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk skincare halal santri putri Pondok Pesantren Ittihadul Ummah?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 60 orang. Penentuan sampel dalam penelitiaan ini menggunakan rumus slovin, dengan perkiraan tingkat kesalahan 10%. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner, dengan skala likert sebagai pengukuran.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial atau terpisah, ketiga variabel independen yaitu variabel kesadaran hukum, label halal dan kesadaran halal memiliki pengaruh terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian produk skincare halal. Variabel kesadaran hukum (X1) berpengaruh sebesar 36,6%, variabel Label Halal (X2) berpengaruh sebesar 31,5% dan variabel kesadaran halal (X3) berpengaruh sebesar 31%. Kemudian secara simultan atau bersama-sama, besar pengaruh variabel kesadaran hukum dan label halal terhadap keputusan pembelian produk skincare halal yaitu sebesar 42,3%, besar pengaruh variabel kesadaran hukum dan kesadaran halal terhadap keputusan pembelian produk skincare halal sebesar 39,3%, serta besar pengaruh variabel label halal dan kesadaran halal terhadap keputusan pembelian produk skincare halal yaitu sebesar 37,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yudhi Achmad Bashori |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 01:54 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 01:54 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28255 |
Actions (login required)
View Item |