Strategi Bisnis Usaha Konveksi Mitra Agung Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Perspektif Ekonomi Islam

Qurrota'ayun, Latifatul Ummi (2024) Strategi Bisnis Usaha Konveksi Mitra Agung Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
LATIFATUL UMMIQURROTA'AYUN_401200063.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Qurrota’ayun, Latifatul Ummi. Strategi bisnis usaha konveksi mitra agung untuk meningkatkan penjualan produk perspektif ekonomi islam. Skripsi. 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Estu Unggul Drajat, M.EC.Dev.
Kata Kunci: Strategi Bisnis, Usaha Konveksi

Strategi bisnis dapat diartikan sebagai rencana yang terjadi pada tingkat divisi bagaimana membangun dan memperkuat posisi bersaing perusahaan. Harapan setelah dilakukan beberapa strategi tersebut dapat berpengaruh terhadap kemakmuran perusahaan dalam jangka Panjang. Namun, Pada kenyataannya dari beberapa strategi tersebut belum mampu menjadi penguat atau meningkatkan penjualan produk.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategis bisnis Segmenting, Targeting dan Positioning. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk meneliti atau mempelajari obyek yang alamiah. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pemilik perusahaan serta wawancara beberapa karyawan. Pengamatan atau observasi dilakukan langsung ke lapangan yang dilaksanakan di Konveksi Mitra Agung.
Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Strategi segmenting Konveksi Mitra Agung dilakukan dengan membagi segmen menjadi beberapa jenis yaitu segmentasi geografis dan segmentasi demografis. (2) Strategi targeting Konveksi Mitra Agung menggunakan strategi concentrated targeting strategy perusahaan fokus pada satu segmen saja yaitu pedagang. (3) Strategi positioning Konveksi Mitra Agung dilakukan dengan menggunakan strategi Focus, perusahaan lebih berkonsentrasi melayani beberapa segmen saja dan mengurangi segmen yang luas. Namun pelaksanaan dari strategi STP Konveksi Mitra Agung saat ini belum optimal pada komponen segmenting dan targeting. (4) Implementasi strategi STP dalam perspektif ekonomi islam, Konveksi Mitra Agung telah menerapkan prinsip-prinsip dalam marketing Syariah yaitu ketuhanan (rabbaniyah), realistis (al-waqi’yyah), dan humanistis (insaniyyah) dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Estu Unggul Drajat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2024 01:44
Last Modified: 11 Jun 2024 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28246

Actions (login required)

View Item View Item