Pengaruh Marketing Syariah dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM di Kecamatan Taman Kota Madiun

Andriana, Lutfi (2024) Pengaruh Marketing Syariah dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM di Kecamatan Taman Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Ethesis fiks 2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Volume Penjualan merupakan puncak kegiatan dalam seluruh kegiatan perusahaan, oleh karena itu penjualan memegang peranan yang sangat penting bagi UMKM sehingga berbagai upaya dilakukan agar produk yang ditawarkan baik itu
barang atau jasa dapat diterima oleh pasar yang tentunya akan memberikan penghasilan bagi pelaku UMKM. Namun, sistem pemasaran saat ini masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar pelaku bisnis, yang ternyata juga sangat berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan. Sistem pemasaran sangat berpengaruh dalam pencapaian volume njualan yang maksimal, karena meskipun produk yang ditawarkan sudah menarik, harga produknya baik, namun jika tidak disertai dengan cara pemasaran yang tepat dan kualitas produk yang baik, penjualan tidak akan meningkat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis secara parsial maupun secara simultan syariah marketing dan kualitas produk terhadap volume penjualan pada UMKM di Kecamatan Taman Madiun menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Variabel independen yang digunakan yaitu Marketing Syariah dan kualitas produk Sedangkan variabel dependennya yaitu volume penjualan. Teknik analisis data yang digunakan validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi
linier sederhana dan berganda, uji R square, uji F, dan uji t. Populasi penelitian ini terdapat 142 sampel yang digunakan yaitu 59 sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Marketing syariah berpengaruh
secara parsial terhadap Volume penjualan pada UMKM diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,019<0,05. Marketing Syariah berpengaruh positif terhadap volume penjualan Artikanya jika menerapkan Marketing Syariah semakin tinggi pula volume penjualan yang dihasilkan. 2). Kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap volume penjualan pada UMKM diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Kualita produk
berpengaruh positif terhadap volume penjualan. Artinya jika kualitas produk yang diberikan sangat baik maka semakin tinggi pula volume penjualan yang dihasilkan.3). Secara simultan Marketing Syariah dan Kualitas produk berpengaruh terhadap volume penjualan. Dibuktikan dengan uji f dan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai koefisiein determinasi (Rsquare) sebesar 99,7% dan sisanya 0,03% dipengaruh oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurma Fitrianna
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2024 01:43
Last Modified: 11 Jun 2024 01:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28245

Actions (login required)

View Item View Item