Akhlaq Guru dalam Kitab Taysir Al-Khallaq Karya Shaikh Hafiz Hasan Al-Mas'udi dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian Guru Islami

Mahmudah, Binti (2024) Akhlaq Guru dalam Kitab Taysir Al-Khallaq Karya Shaikh Hafiz Hasan Al-Mas'udi dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian Guru Islami. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200033_BINTI MAHMUDAH_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mahmudah, Binti. 2024. Akhlaq Guru dalam Kitab Taysir Al-Khallaq Karya Shaikh Hafiẓ Ḥasan Al-Mas‘udi dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian Guru Islami. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I.

Kata Kunci: Akhlaq Guru, Kitab Taysir Al-Khallaq, Kompetensi Kepribadian Guru Islami.

Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pendidikan. Seorang guru tidak hanya berperan menyampaikan ilmu pengetahuan kepada siswa, akan tetapi juga memiliki kewajiban untuk menanamkan nilai-nilai yang baik. Dengan kata lain, tugas guru tidak hanya mengajar akan tetapi mendidik siswa. Akan tetapi, realita yang ada terdapat oknum guru yang melakukan tindakan kekerasan kepada siswa. Oleh karena itu, guru harus menguasai ilmu di bidangnya dan juga memiliki akhlaq atau kepribadian yang baik. Sebab, seorang guru bertugas menanamkan nilai yang baik sehingga terlebih dahulu perlu memiliki akhlaq yang baik. Salah satunya dengan mengkaji kitab Taysir Al-Khallaq Karya Shaikh Hafiẓ Ḥasan Al-Mas‘udi.
Peneliti melakukan penelitian ini diantaranya memiliki tujuan yaitu 1) untuk mengetahui akhlaq guru dalam kitab Taysir Al-Khallaq Karya Shaikh Hafiẓ Ḥasan Al-Mas‘udi; 2) untuk mengetahui relevansi akhlaq guru dalam kitab Taysir Al-Khallaq Karya Shaikh Hafiẓ Ḥasan Al-Mas‘udi dengan kompetensi kepribadian guru Islami.
Adapun penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa kitab Taysir Al-Khallaq dan terjemahnya. Adapun data sekunder yang digunakan berupa dokumen yang berkaitan dengan masalah yang dikaji. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akhlaq yang harus dimiliki oleh guru dalam kitab Taysir Al-Khallaq Karya Shaikh Hafiẓ Ḥasan Al-Mas‘udi adalah guru harus menjadi orang yang taqwa, tawaḍu’ atau rendah hati, ḥilm dan waqar, memiliki rasa kasih sayang kepada siswa, memberikan nasehat dan mengajari adab, tidak membebani materi yang sulit. Adapun relevansinya dengan kompetensi kepribadian guru Islami yaitu a) kepribadian mantap dan stabil memiliki relevansi dengan akhlaq guru yaitu taqwa; b) kepribadian dewasa memiliki kesesuaian dengan akhlaq guru yaitu memiliki rasa kasih sayang kepada siswa; c) kepribadian yang arif memiliki kesesuaian dengan akhlaq guru yaitu tidak membebani materi yang tidak mampu dicapai oleh siswa; d) kepribadian yang wibawa memiliki relevansi dengan akhlaq guru yaitu ḥilm dan waqar; e) berakhlaq mulia dan teladan bagi siswa, keperibadian akhlaq mulia memiliki relevansi dengan tawaḍu’. Adapun kepribadian teladan bagi siswa memiliki relevansi dengan akhlaq guru yaitu memberikan nasehat dan mengajari adab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:00
Last Modified: 10 Jun 2024 02:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28202

Actions (login required)

View Item View Item