....(CEK DAN PERBAIKI FILE TERPOTONG, HAL 46, UPLOAD ULANG)...Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X SMA Bakti Ponorogo

Husna, Elisa Nur Maharani (2024) ....(CEK DAN PERBAIKI FILE TERPOTONG, HAL 46, UPLOAD ULANG)...Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X SMA Bakti Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201200064_Elisa Nur Maharani Husna_PAI.pdf

Download (761kB)

Abstract

Husna, Elisa Nur Maharani. 2024. Problematika Guru Pendidikan Agama Islam
dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X SMA Bakti Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.

Kata kunci: Kurikulum merdeka, Guru Pendidikan Agama Islam, Problematika.
Pada penerapan kurikulum merdeka guru memiliki tugas pokoknya sebagai pendidik dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan asesmen pembelajaran dengan baik. Realitas yang terjadi menunjukan adanya problematika yang dialami oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMA Bakti Ponorogo. Kurikulum merdeka yang baru diterapkan pada tahun 2023 di kelas X masih membutuhkan adanya penyesuaian dan adaptasi. Adapun problematika yang dialami guru yakni kurangnya pemahaman pada kurikulum merdeka, materi ajar yang luas. Maka diperlukan adanya upaya untuk mengatasi problematika tersebut secara tepat agar guru Pendidikan Agama Islam dapat menjalankan tugas pokoknya secara efektif dan optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) problematika guru Pendidikan Agama Islam dan upaya untuk mengatasinya pada perencanaan kurikulum merdeka belajar kelas X SMA Bakti Ponorogo; (2) problematika guru Pendidikan Agama Islam dan upaya untuk mengatasinya pada pelaksanaan kurikulum merdeka belajar kelas X SMA Bakti Ponorogo: (3) problematika guru Pendidikan Agama Islam dan upaya untuk mengatasinya pada asesmen kurikulum merdeka belajar kelas X SMA Bakti Ponorogo
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan konsep Milles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) problematika guru PAI pada perencanaan yakni kurangnya pemahaman guru pada kurikulum merdeka, upaya mengatasinya guru menambah informasi melalui platform digital, dari pihak sekolah mengadakan pelatihan. (2) problematika guru PAI pada pelaksanaan pembelajaran yakni penguasaan materi dan pengelolaan kelas. Upaya mengatasinya memilih metode dan media yang sesuai kebutuhan siswa, membangun interaksi yang baik dengan siswa. (3) problematika guru PAI pada asesmen pembelajaran yakni kesulitan dalam menyusun soal, dan pemberian asesmen pada siswa yang beragam. Upaya mengatasinya yakni membuat poin-poin penting serta menyesuaikan asesmen dengan tahap perkembangan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:50
Last Modified: 07 Jun 2024 07:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28101

Actions (login required)

View Item View Item