Permata Dewi, Richita (2024) Analisis Islamic Marketing Mix dalam Menarik Minat Beli Konsumen di Food court Pasar Baru Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
RICHITA PERMATA DEWI_401200101_EKONOMI SYARIAH-1.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Minat beli konsumen terjadi setelah menerima insentif dari produk yang dilihatnya. Dari situlah berkembang suatu minat untuk mencoba produk tersebut dan pada akhirnya muncul keinginan membeli. Dalam Islamic Marketing Mix (Bauran Pemasaran Islam) terdapat beberapa unsur-unsur yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, yaitu produk (product), harga (price), lokasi (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), bukti fisik (physical Evidence), Janji (Promise), dan Sabar (Patience). Permasalahan yang terjadi yaitu terjadinya penurunan minat beli konsumen di Food court Pasar Baru Magetan. Pengetahuan yang rendah tentang Food court tertentu juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan turunnya minat beli konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Food court Pasar Baru Magetan Dalam Menarik Minat Beli Konsumen ditinjau dari perpektif Islamic Marketing Mix dan juga Dampak Minat Beli Konsumen Yang Ditimbulkan Akibat Didirikannya Food court Pasar Baru Magetan. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam proses pengumpulan data pada penelitian ini antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa, pemasaran yang dilakukan di Food court Pasar Baru Magetan telah sesuai dengan Islamic Marketing Mix. Walaupun mayoritas penjual di Food court Pasar Baru Magetan adalah Muslim dan bahan baku berlabel halal, ada beberapa faktor penting yang perlu dipastikan untuk benar-benar menjamin kehalalan makanan. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli di tempat tersebut mencakup usia, gender, rasa baru, dan kenyamanan. Dampak positif dari upaya perbaikan yang dilakukan dalam peningkatan kenyamanan, kebersihan, dan penataan ruang yang lebih baik. Selain itu, pembukaan kembali air mancur juga memberikan nuansa yang berbeda dan menarik. Namun, ada juga dampak negatif yang perlu diperhatikan, seperti kesulitan bagi orang lanjut usia yang tidak dapat naik karena tangga yang tinggi, dan konflik antara pihak pengelola dan juru parkir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Kenlies Era Rosalina Marsudi |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 04:02 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 04:02 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28096 |
Actions (login required)
View Item |