Manajemen Strategi dalam Merealisasikan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 4 Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024

Rossa, Ruwaida Laila (2024) Manajemen Strategi dalam Merealisasikan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 4 Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1 Skripsi upload ethesis (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rossa, Ruwaida Laila. 2024. Manajemen Strategi dalam Merealisasikan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 4 Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nur Rahmi Sonia, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen strategi, profil pelajar, pancasila.

Problem moral merupakan masalah yang mengiringi kehidupan manusia. Hal ini terjadi disebabkan kurangnya pemahaman mereka tentang nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila sehingga tidak sedikit dari mereka yang melakukan perbuatan menyimpang seperti tawuran, pergaulan bebas, bullying, melanggar peraturan sekolah, berani terhadap guru dan penggunaan teknologi di kalangan peserta didik. Untuk itu diperlukan sebuah pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila untuk menumbuhkan profil pelajar pancasila pada diri peserta didik. Dalam menjalankan perannya memiliki peranan penting dalam merealisasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, kepala sekolah harus memiliki strategi dan menjadi pemimpin yang berjiwa Pancasila.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan strategi dalam merealisasikan profil pelajar Pancasila di SMPN 4 Ponorogo, (2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi strategi dalam merealisasikan profil pelajar Pancasila di SMPN 4 Ponorogo, (3) untuk mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi strategi dalam merealisasikan profil pelajar Pancasila di SMPN 4 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Millies, Huberman, dan Saldana dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian adalah (1) Perencanaan strategi dalam merealisasikan profil pelajar pancasila di SMPN 4 Ponorogo meliputi: pengamatan lingkungan melalui analisis SWOT, menentukan visi, misi, menentukan tujuan-tujuan yang dapat dicapai, pengembangan strategi, dan penerapan pedoman kebijakan, membentuk tim fasilitator dan koordinator, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, merancang dimensi, tema dan alokasi waktu, menyusun modul, merancang strategi pelaporan projek. (2) Pelaksanaan strategi dalam merealisasikan profil pelajar pancasila di SMPN 4 Ponorogo meliputi: melaksanakan kebijakan dan kegiatan, mengalokasikan sumber daya, membangun komunikasi dan kolaborasi, mengembangkan komunitas belajar, melakukan coaching dan mengelola projek berpusat pada peserta didik, menetapkan tujuan dan sasaran, membuat kebijakan, membuat sistem pelaksanaan dan sistem pengawasan. (3) Evaluasi strategi dalam merealisasikan profil pelajar pancasila di SMPN 4 Ponorogo meliputi: melakukan evaluasi terdiri dari evaluasi program, evaluasi hasil, evaluasi internal, dan evaluasi eksternal, mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat, melakukan tindak lanjut, implikasi kegiatan bagi siswa, tenaga pendidik, dan satuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2024 00:50
Last Modified: 06 Jun 2024 00:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28079

Actions (login required)

View Item View Item