Kurniawan, Muhammad Bagus (2024) pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran pendidikan agama islam di man 1 ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200344_Muhammad Bagus Kurniawan_Pendidikan Agama Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Seiring perubahan zaman di era globalisasi, pendidikan terus mengalami transformasi mengikuti perkembangan teknologi yang semakin beragam. Salah satunya pemanfaatan media sosial dalam proses pembelajaran. Media sosial merupakan sebuah platform yang digunakan untuk berinteraksi, berpartisipasi, menciptakan, dan berbagi ide atau gagasan dalam bentuk komunikasi secara virtual atau daring. Tingginya penggunaan media sosial dapat dimanfaatkan untuk mempermudah dan menunjang proses pembelajaran. MAN 1 Ngawi menjadi salah satu sekolah yang memanfaatkan potensi media sosial untuk mendukung pendidikan. Berdasarkan observasi, sekolah ini telah berhasil memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pendidikan agama Islam. Melalui pemanfaatan media sosial, MAN 1 Ngawi tidak hanya memperluas akses informasi, tetapi juga mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam proses pembelajaran, sehingga menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan interaktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Bentuk pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran pendidikan agama islam peserta didik di MAN 1 Ngawi. (2) Pemahaman pendidikan agama islam peserta didik dalam pembelajaran melalui pemanfaatan media sosial di MAN 1 Ngawi. (3) Kendala dan solusi pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran pendidikan agama islam peserta didik di MAN 1 Ngawi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles, Huberman, dan Saldana yang dilaksanakan secara interaktif dan berkelanjutan hingga semua data diolah mencakup: Pengumpulan data, Kondensasi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data diukur dengan: perpanjangan data, ketekunanan pengamat, dan triangulasi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) Pemanfaatan media sosial pada pembelajaran oleh guru di MAN 1 Ngawi dilakukan dengan menggunakan media sosial sebagai sumber informasi, tempat berdiskusi, sarana mencari materi tambahan, materi belajar, konten visual tutorial, pengiriman tugas, dan alat kuis. (2) Pemanfaatan media sosial pada pembelajaran di MAN 1 Ngawi meningkatkan pemahaman akidah, akhlak, dan ibadah. Meskipun memfasilitasi pertukaran pandangan, media sosial dapat mempengaruhi nilai-nilai agama jika tidak digunakan dengan bijak. (3) Dalam pemanfaatan media sosial di MAN 1 Ngawi kendala dan tantangan meliputi perubahan sosial dan budaya, perubahan psikologi dan gangguan privasi, dan adanya permasalah baru: hoax, cyber hate dan bullying. Solusi pencegahan dilakukan melalui webinar dan kerja sama antara sekolah, guru, orang tua, dan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wahid Hariyanto |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 04:40 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 04:40 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28052 |
Actions (login required)
View Item |