Perbandingan Hasil Belajar Fiqih berdasarkan Gaya Belajar Siswa di MTs Darussalam Ketandan, Dagangan, Madiun Tahun Ajaran 2023/2024

Nurfadlilah, Fitria (2024) Perbandingan Hasil Belajar Fiqih berdasarkan Gaya Belajar Siswa di MTs Darussalam Ketandan, Dagangan, Madiun Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 201200081 FITRIA NURFADLILAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nurfadlilah, Fitria. 2024. Perbandingan Hasil Belajar Fiqih berdasarkan Gaya Belajar Siswa di MTs Darussalam Ketandan, Dagangan, Madiun Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Ali, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fiqih, Gaya Belajar

Hasil belajar adalah suatu perubahan dari segala aspek yang ada pada peserta didik setelah melakukan proses pembelajaran. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh 2 (dua) faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor internal yang penting untuk diperhatikan adalah gaya belajar siswa. Gaya belajar akan menjadi cara termudah bagi individu untuk menyerap, memahami dan mengelola suatu informasi yang diterimanya. Pengetahuan tentang gaya belajar siswa menjadi hal penting untuk diketahui oleh guru dan siswa itu sendiri agar dapat membantu memaksimalkan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran dapat tercapai sesuai tujuan yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana hasil belajar fiqih siswa kelas VII di MTs Darussalam Ketandan, Dagangan, Madiun Tahun Ajaran 2023/2024. (2) Bagaimana hasil belajar fiqih berdasarkan gaya belajar siswa kelas VII di MTs Darussalam Ketandan, Dagangan, Madiun Tahun Ajaran 2023/2024. (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar fiqih yang signifikan antara siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik pada siswa di MTs Darussalam Ketandan, Dagangan, Madiun Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darussalam Ketandan. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil semua populasi menjadi sampel atau sampel jenuh dengan jumlah sebanyak 65 siswa. Pengambilan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Kruskall-Wallis Test dengan bantuan software IBM SPSS 22.
Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kesimpulan bahwa: (1) Hasil belajar fiqih siswa kelas VII masuk dalam kategori sedang dengan jumlah sebanyak 47 siswa (63%). (2) Hasil belajar fiqih berdasarkan gaya belajar visual masuk dalam kategori sedang dengan jumlah 13 siswa (81%). Hasil belajar fiqih berdasarkan gaya belajar auditorial masuk dalam kategori sedang dengan jumlah 18 siswa (69%). Dan hasil belajar fiqih berdasarkan gaya belajar kinestetik masuk dalam kategori sedang dengan jumlah sebanyak 17 siswa (74%). (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar fiqih yang signifikan antara siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik pada siswa di MTs Darussalam Ketandan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:53
Last Modified: 05 Jun 2024 04:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28048

Actions (login required)

View Item View Item