Ayu Pradita, Diah (2024) komunikasi persuasif dalam menarik minat membaca buku pada siswa di man 1 ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI UP ETHESIS.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pradita, Diah Ayu, Kurangnya minat membaca di lingkungan MAN 1 Ponorogo menjadi masalah bagi siswa karena membaca merupakan jembatan seseorang dalam menyampaikan sebuah informasi, sehingga pada akhirnya komunikasi menjadi kebutuhan yang penting bagi keberlangsungan kehidupan. Oleh sebab itu diperlukannya sebuah stategi komunikasi yang efektif bagi siswa yang sistematis dan tepat sasaran.
Komunikasi persuasif merupakan salah satu teknik komunikasi yang sering digunakan untuk menarik minat membaca siswa di MAN 1 Ponorogo karena komunikasi persuasif merupakan proses pesan untuk memperkuat, membentuk ataupun tanggapan seseorang untuk mempengaruhi orang lain supaya sependapat dengan komunikator dengan tujuan merubah sikap dan perilaku tanpa adanya paksaan, sehingga sesuai dengan kesadaran dan kerelaan perasaan yang senang.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis teknik komunikasi persuasif yang sesuai dalam menarik minat membaca buku pada siswa di MAN 1 Ponorogo (2) menganalisis hambatan-hambatan proses komunikasi persuasif dalam menarik minat membaca buku pada siswa di MAN 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research). Analisis datanya mengikuti konsep yang diberikan Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan (verivication).
Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) teknik komunikasi persuasif yang digunakan oleh guru dalam menarik minat membaca buku pada siswa di MAN 1 Ponorogo adalah teknik integrasi, teknik asosiasi, dan teknik tataan. (2) hambatan yang muncul dari dalam pelaksanaan komunikasi persuasif berasal dari guru dan siswa. hambatan tersebut yaitu tidak ada umpan balik dari siswa saat guru sedang menjelaskan . dimana hambatan tersebut terbagi menjadi 4 yaitu hambatan pada sumber, hambatan pada penyampaian, hambatan pada penerima dan hambatan pada umpan balik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Rizqi Akbarani |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 03:22 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 03:22 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28045 |
Actions (login required)
View Item |