UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN ILMU FIKIH SANTRI MELALUI KEGIATAN BAḤTH AL-MASĀ’IL DI PONDOK PESANTREN ITTIHADUL UMMAH BANYUDONO KABUPATEN PONOROGO

'ILMA MUFIDAH, HIMAMUL (2024) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN ILMU FIKIH SANTRI MELALUI KEGIATAN BAḤTH AL-MASĀ’IL DI PONDOK PESANTREN ITTIHADUL UMMAH BANYUDONO KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONORGO.

[img] Text
201200085_himamul 'ilma mufidah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mufidah, Himamul ‘Ilma .2024. Upaya Peningkatan Pemahaman Ilmu Fikih Santri melalui Kegiatan Baḥth al-Masā’il di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah Banyudono Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Nur Kolis, Ph.D.
Kata Kunci: Pemahaman, Ilmu Fikih, Baḥth al-Masā’il, Pondok Pesantren
Di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah Banyudono terdapat beberapa masalah yang dialami oleh santri yakni santri yang kesulitan untuk memahami ilmu fikih. Maka, diadakanlah kegiatan baḥth al-masā’il. Baḥth al-masā’il adalah wadah kajian ilmiah antar santri yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan agama yang menghasilkan suatu hukum (fiqh). Kegiatan baḥth al-masā’il merupakan kegiatan untuk menambah pemahaman santri tentang ilmu fikih yang terdiri dari pelaksanaan atau tata cara beribadah, muamalah, pernikahan, dan hukum Islam. Pondok Pesanten Ittihadul Ummah Banyudono Ponorogo ini menggunakan kegiatan baḥth al-masā’il untuk membantu meningkatkan pemahaman pada ilmu fikih santri.
Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pelaksanaan kegiatan baḥth al-masā'il di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah, Banyudono Kabupaten Ponorogo 2) mengetahui upaya baḥth al-masā'il menambah pemahaman ilmu fikih di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah Banyudono, Kabupaten Ponorogo 3) mengetahui dampak dari kegiatan baḥth al-masā'il terhadap peningkatan pemahaman ilmu fikih santri di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah Banyudono Kabupaten Ponorogo
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis data dari Miles,Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data,kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dengan perpanjangan pengamatan,peningkatan ketekunan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa upaya kegiatan baḥth al-masā’il di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah Banyudono meliputi (1) terdapat beberapa komponen di dalam kegiatan baḥth al-masā’il yang terdiri dari moderator, notulen, pembaca materi (kitab dan penjelasan) dan mus{ah{h{ih{. (2) upaya kegiatan baḥth al-masā’il menambah pemahaman ilmu fikih santri, yakni santri tidak hanya memahami satu atau dua kitab akan tetapi santri juga mempelajari kitab lainnya dan santri harus mempelajari kitab yang akan mereka kaji sebelum melakukan kegiatan baḥth al-masā’il.(3) dampak kegiatan baḥth al-masā’il yakni ada 2 dampak yang mungkin terjadi pada santri setelah diadakannya kegiatan baḥth al-masā’il pada santri untuk dampak kognitif yakni mereka mudah mencari referensi di kitab-kitab lalu, untuk dampak praktisnya yakni mereka bisa tahu hukum-hukum dalam ilmu fikih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:25
Last Modified: 05 Jun 2024 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28042

Actions (login required)

View Item View Item