Musfiroh, Alviatul (2024) Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Aktivitas Belajar Siswa MTsN 8 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200014_ALVIATUL MUSFIROH_PAI.pdf Download (805kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Musfiroh, Alviatul. 2024. Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Aktivitas Belajar Sisiwa MTsN 8 Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Safiruddin Al Baqi, M.A.
Kata Kunci: Dampak, Keluarga Broken Home, Aktivitas Belajar
Anak dengan latar belakang broken home ini kebanyakan masih duduk di bangku sekolah. Latar belakang keluarga broken home juga mempengaruhi bidang pendidikan pada anak. Dari hal tersebut menyatakan bahwa terjadinya pertengkaran dalam keluarga akan mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan anak terganggu, sampai mengakibatkan aktivitas belajar ikut terganggu, seperti anak sering keluar kelas saat pembelajaran, anak tidak pernah mengerjakan PR dan tidak
pernah mengerjakan tugas di sekolah, anak menjadi pribadi yang tertutup, anak sering terlambat ke sekolah, ketika jam pelajaran berlangsung tidur dikelas, anak menjadi nakal dan kurang sopan santun kepada guru, anak sering mencari perhatian ke orang lain.
Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui Aktivitas Belajar Siswa yang mengalami Keluarga broken home di MTsN 8 Magetan, (2) Menganalisis Dampak Keluarga broken home terhadap Aktivitas Belajar Siswa di MTsN 8 Magetan, (3) Mengetahui Faktor-faktor yang Mempengaruhi Aktivitas Balajar siswa yang mengalami Keluarga broken home di Siswa MTsN 8 Magetan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data penelitian menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Penelitian ini menunjukan: (1) Aktivitas belajar siswa yang mengalami broken home mengalami peningkatan dan penurunan, 2 siswa di nyatakan aktivitas belajarnya meningkat, dan 2 siswa di nyatakan menurun. (2) Dampak Aktivitas belajar siswa memperoleh dampak positif dari 2 siswa, sedangkan 2 siswa memperoleh hasil dampak academic problem. (3) Faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar ada 2 faktor yaitu internal dan eksternal, 2 siswa dinyatakan
mendapat faktor internal dari aktivitas belajarnya dikarenakan siswa memiliki semangat dan kepekaan terhadap dirinya sendiri. Sedangkan faktor eksternalnya
dialami 2 siswa dikarenakan tidak adanya dukungan dari dirinya sendiri dan keluarga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Safiruddin Al Baqi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 07:40 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 07:40 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28011 |
Actions (login required)
View Item |