Tuzzahroh, Alfia Nuur Latifa (2024) Korelasi Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kesiapan Belajar dengan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas X SMAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200010_ALFIA NUUR LATIFA TUZZAHROH_PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tuzzahroh, Alfia Nuur Latifa. 2024. Korelasi Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kesiapan Belajar dengan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas X SMAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Kesiapan, Minat Belajar.
Dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa di sekolah bertujuan untuk memperoleh ilmu sehingga terjadi perubahan dalam aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka siswa harus memiliki minat belajar. Realita saat ini khususnya di SMAN 2 Ponorogo menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa permasalahan terkait minat belajar siswa yaitu terdapat siswa yang saling berbicara satu sama lain ketika guru sedang menjelaskan materi, siswa merasa jenuh dan mengantuk ketika mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Minat belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal yang mempengaruhi minat belajar diantaranya adalah kurikulum, sedangkan faktor internal salah satunya adalah kesiapan.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk : (1) mengetahui korelasi penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dengan minat belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas X SMAN 2 Ponorogo; (2) mengetahui korelasi kesiapan belajar dengan minat belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas X SMAN 2 Ponorogo; (3) mengetahui korelasi penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dan kesiapan dengan minat belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas X SMAN 2 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Ponorogo, yaitu sejumlah 189 siswa yang dipilih melalui teknik simple random sample. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi product moment dan uji korelasi ganda.
Berdasarkan dari hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) terdapat korelasi yang signifikan antara penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dengan minat belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas X SMAN 2 Ponorogo; (2) terdapat korelasi yang signifikan antara kesiapan belajar dengan minat belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas X SMAN 2 Ponorogo.; (3) terdapat korelasi yang signifikan antara penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dan kesiapan dengan minat belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas X SMAN 2 Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Andhita Dessy Wulansari |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 07:40 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 07:40 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28010 |
Actions (login required)
View Item |