Nurhidayati, Riditiya (2024) Relevansi Nilai Pendidikan Islam dalam Film Miracle in Cell No.7 Karya Hanung Bramantyo Terhadap Dimensi Profil Pelajar Pancasila. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200173_RIDITIYA NURHIDAYATI_E THESIS.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Nurhidayati, Riditiya. 2024. Relevansi Nilai Pendidikan Islam dalam Film Miracle in Cell No.7 Karya Hanung Bramantyo terhadap Dimensi Profil Pelajar Pancasila. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ayunda Riska Puspita, M.A.
Kata Kunci: nilai pendidikan Islam, film Miracle in Cell No.7, dimensi Profil Pelajar Pancasila.
Perkembangan teknologi yang semakin pesat, menjadi salah satu faktor yang menyebabkan krisis karakter pada generasi muda. Untuk mengatasi problematika tersebut, pemerintah mengeluarkan Kurikulum Merdeka sebagai upaya perbaikan karakter di Indonesia. Dalam Kurikulum Merdeka terdapat pengimplementasian nilai-nilai Pancasila, yang disebut dengan P5, yaitu Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Selain itu, orang tua dapat pula menanamkan nilai pendidikan Islam pada anak dengan bantuan media yang menarik, misalnya memanfaatkan film. Film berjudul Miracle in Cell No.7 versi Indonesia merupakan film yang mengandung nilai pendidikan Islam dan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Terdapat berbagai penelitian yang membahas film Miracle in Cell No.7, akan tetapi belum ada penelitian yang merelevansikan film ini dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) nilai pendidikan Islam yang ada dalam film Miracle in Cell No.7 dan (2) relevansi nilai pendidikan Islam dalam film Miracle in Cell No.7 terhadap dimensi Profil Pelajar Pancasila.
Penelitian ini disusun menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data penelitian ini berupa cuplikan adegan dan dialog antartokoh dengan menggunakan teknik dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis isi.
Berdasarkan hasil analisis data, temuan dalam film Miracle in Cell No.7 karya Hanung Bramantyo mengandung tiga nilai pendidikan Islam, yaitu nilai akidah, syariah dan akhlak. Ketiga nilai pendidikan Islam tersebut, memiliki relevansi terhadap dimensi Profil Pelajar Pancasila. (1) Nilai akidah, syariah, dan akhlak memiliki relevansi dengan dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia berupa akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, dan akhlak kepada negara. (2) Nilai akidah, syariah, dan akhlak memiliki relevansi dengan dimensi berkebinekaan global berupa mengenal dan menghargai budaya, komunikasi dan interaksi antarbudaya, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan, berkeadilan sosial. (3) Nilai akidah, syariah, dan akhlak memiliki relevansi dengan dimensi gotong royong berupa kolaborasi dan berbagi. (4) Nilai akidah, syariah, dan akhlak memiliki relevansi dengan dimensi mandiri berupa regulasi diri. (5) Nilai akidah, syariah, dan akhlak memiliki relevansi dengan dimensi berpikir kritis berupa memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, serta menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya. (6) Nilai akidah, syariah, dan akhlak memiliki relevansi dengan dimensi kreatif berupa menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ayunda Riska Puspita |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 02:35 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 02:35 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27997 |
Actions (login required)
View Item |