Setiawati, Setiawati (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MELAKSANAKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MA DARUL HUDA MAYAK PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206200146 Setiawati Manajemen Pendidikan Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Setiawati. 2024. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Melaksanakan Kompetensi Profesional guru di MA Darul Huda Mayak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Prof. Dr. Mukhibat, M. Ag.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Kompetensi Profesional Guru
Kompetensi profesional guru mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas guru dalam mengajar dan hasil belajar siswa, yang mana dengan adanya berbagai masalah yang dihadapi guru seperti kurang disiplinnya guru dalam membuat perangkat pembelajaran dan kurangnya waktu bagi guru dalam mengikuti pelatihan profesional guru. Dalam permasalahan tersebut dibutuhkan kepemimpinan yang baik dan memiliki starategi untuk bisa melaksanakan profesional guru dan mencapai tujuan organisasi antara lain dengan melakukan pemberdayaan guru secara optimal. MA Darul Huda Mayak Ponorogo merupakan madrasah yang berada dibawah naungan Pondok Pesantren Darul Huda Mayak yang selain memiliki pendidikan formal juga memiliki pendidikan non formal yaitu sekolah diniyyah serta memiliki jumlah peserta didik yang besar sehingga untuk mengkoordinir waktu guna mengikuti pelatihan professional guru dibutuhkan strategi kepala madrasah khususnya mengenai pelatihan yang berada didalam lingkungan MA Darul Huda Mayak Ponorogo.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian: (1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang digunakan kepala madrasah dalam melaksanakan kompetensi profesional guru di MA Darul Huda Mayak Ponorogo, (2) untuk menganalisis dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat apa saja yang dihadapi oleh kepala madrasah dalam melaksanakan kompetensi profesional guru di MA Darul Huda Mayak Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles, Hubermen, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan keputusan.
Berdasarkan hasil Analisa data yang ditemukan bahwa (1) Strategi yang dilakukan Kepala Madrasah MA Darul Huda Mayak Ponorogo yang pertama adalah pemberian wawasan dan landasan pendidikan melalui kegiatan pelatihan workshop, PPG, dan MGMP. Kedua yaitu melakukan penilaian dan pengawasan melalui kegiatan PKG dan Supervisi kunjungan kelas, serta kontrol runtin yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan guru. Ketiga yaitu membangun komunikasi melalui kegiatan rapat rutin bulanan dan selalu memberikan motivasi. Keempat yaitu evaluasi yang dilaksanakan setelah kegiatan supervisi selesai. Selain itu, pelatihan mandiri juga dilakukan oleh para guru yaitu mengukuti pelatihan secara daring melalui program si PINTAR yang diselenggarakan oleh KEMENAG. (2) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala madrasah adalah antusias guru yang tinggi dalam mengikuti pelatihan yang ada, sarana dan prasarana yang memadai, dan waktu yang terbatas untuk mengikuti pelatihan keprofesioanalan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mukhibat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 05:51 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 05:51 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27970 |
Actions (login required)
View Item |