Strategi Visioner Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah Unggul di SMAN 1 Jenangan Ponorogo

Muwahhidah, Anti (2024) Strategi Visioner Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah Unggul di SMAN 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206200015_Anti Muwahhidah_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Muwahhidah, Anti, 2024. Strategi Visioner Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah Unggul di SMAN 1 Jenanan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri. Pembimbing Prof. Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Visi, Misi
Visi dan misi merupakan cita-cita lembaga di masa depan yang sebaiknya memuat keinginan dan harapan yang akan dicapai lembaga, sehingga visi misi ini akan menjadi citra, ciri khas yang dimiliki oleh lembaga. Penyusunan visi misi sekolah yang tidak melibatkan stakeholder akan menyebabkan menurunnya eksistensi visi dan misi. Sehingga kepala sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam penyusunan visi misi sekolah dengan hal tersebut SMAN 1 Jenangan merupakan salah satu sekolah yang memiliki visi misi yang jelas dan terarah sesuai dengan semua aspirasi dan masukan dari stakeholder sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bentuk strategi kepala sekolah dalam penyusunan visi misi sekolah unggul di SMAN 1 Jenangan Ponorogo, (2) Untuk mengetahui langkah strategis kepala sekolah dalam penyusunan visi misi sekolah unggul di SMAN 1 Jenangan Ponorogo.
Adapun penelitian ini disusun menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Hubermen, dan Saldana yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) bentuk strategi visioner kepala sekolah dalam membangun sekolah unggul dengan melakukan penyusunan visi misi sekolah yaitu kepala sekolah membuat perencanaan strategis yang memuat; a) melibatkan semua stakeholder sekolah meliputi kepala sekolah, guru, waka kurikulum, waka humas, guru, komite, dan orang tua. b) melakukan analisis SWOT untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal sekolah. c) menyesuaikan terhadap nilai-nilai yang dipegang dipraktikan di SMAN 1 Jenangan. (2) langkah strategi kepala sekolah dalam membangun sekolah unggul di SMAN 1 Jenangan. Langkah penyusunan visi secara garis besar meliputi; a) pembentukan tim penyusunan visi misi. b) melakukan analisis SWOT. c) melakukan konsultasi dan diskusi bersama. d) melakukan refleksi perenungan mendalam mengenai nilai dan budaya sekolah. e) melakukan identitas tujuan jangka panjang agar tujuan yang disusun mampu mencerminkan aspirasi warga sekolah. f) klarifikasi dan artikulasi tujuan. g) melakukan review dokumen-dokumen sekolah sebelumnya. h) membuat draft visi sekolah yang memungkinkan untuk berubah. i) melakukan konsolidasi masukan terhadap draft visi yang dibuat. j) menetapkan visi dan misi sekolah. k) melakukan validasi dan sosialisasi. l) melakukan dokumentasi dan monitoring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2024 05:50
Last Modified: 03 Jun 2024 05:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27969

Actions (login required)

View Item View Item