Internalisasi Karakter Religius Pada Anggota Pimpinan Anak Cabang IPNU IPPNU Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo

Asyadad, Yahya Syarifudin (2024) Internalisasi Karakter Religius Pada Anggota Pimpinan Anak Cabang IPNU IPPNU Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190293_YAHYA SYARIFUDIN ASYADAD_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Asyadad, Yahya Syarifudin. 2024. Internalisasi Karakter Religius Pada Anggota Pimpinan Anak Cabang IPNU IPPNU Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Arif Rahman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Internalisasi, Karakter Religius, IPNU IPPNU.

Organisasi IPNU IPPNU merupakan organisasi pelajar dibawah naungan ormas Nahdlatul Ulama’. Peranan IPNU IPPNU sangatlah berpengaruh dalam lingkup dunia pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam. Banyak kenakalan remaja yang merujuk pada perilaku yang menyimpang dan melanggar norma-norma yang berlaku seperti di kota-kota besar pada umumnya dan khususnya di Kabupaten Ponorogo. Masyarakat menganggap bahwa pendidikan agama belum mampu membentuk manusia yang berkarakter dan berakhlak mulia. Organisasi IPNU IPPNU adalah wadah NU untuk memahamkan kepada masyarakat luas akan nilai-nilai kebangsaan, keislaman, keilmuan, dan pengkaderan dalam penggalian dan pembinaan potensi sumber daya anggota untuk mengamalkan kerja nyata demi tegaknya ajaran agama Islam dalam kehidupan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah internalisasi karakter religius pada anggota PAC IPNU IPPNU Ponorogo, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan karakter religius pada anggota PAC IPNU IPPNU Ponorogo, (3) mendeskripsikan hasil internalisasi karakter religius pada anggota PAC IPNU IPPNU Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah studi kasus dan tipe penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan teknik analisis data interaktif model Miles, Hubermen dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini diantaranya perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: (1) Langkah-langkah internalisasi karakter religius anggota PAC IPNU IPPNU Ponorogo, yaitu; Pertama, transformasi nilai, dengan cara memberikan motivasi, kritik dan saran kepada setiap anggota. Kedua, transaksi nilai, dengan cara mengajak para anggota turut aktif dalam kegiatan agar terjalinnya kerjasama antara anggota dan pengurus. Ketiga, transinternalisasi nilai, diberikan melalui pembiasaan-pembiasaan positif, perilaku dan kepribadian. Keempat, pengkaderan, diberikan kepada anggota melalui kegiatan makesta, lakmud, lakut dan latin/latpel. (2) Faktor pendukung proses internalisasi karakter religius anggota PAC IPNU IPPNU Ponorogo meliputi dukungan masyarakat, banom NU, dan keterlibatan pengurus dalam setiap kegiatan. Sedangkan penghambat dalam proses internalisasi yaitu metode, izin orang tua, manajemen waktu dan pendanaan. (3) Hasil internalisasi karakter religius anggota PAC IPNU IPPNU Ponorogo ialah dapat membentuk para anggota PAC IPNU IPPNU menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur dan memiliki kepribadian Islami yang baik sesuai dengan ajaran syariat Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2024 05:37
Last Modified: 03 Jun 2024 05:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27959

Actions (login required)

View Item View Item