STRATEGI PENGUATAN PERSONAL BRANDING PENGELOLA DALAM MENARIK PENGUNJUNG HARU BOOK CAFE PONOROGO MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Prayoga, Febrian Lutfi (2024) STRATEGI PENGUATAN PERSONAL BRANDING PENGELOLA DALAM MENARIK PENGUNJUNG HARU BOOK CAFE PONOROGO MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI FEBRIAN LUTFI PRAYOGA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Prayoga, Febrian Lutfi. 2023. Strategi Penguatan Personal Branding Pengelola dalam
Menarik Pengunjung Haru Book Café Ponorogo Melalui Media Sosial
Instagram. Skripsi. Jurusan Komunikasi penyiaran Islam Fakultas
Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Dr. Faiq Ainurrofiq, M.A.
Kata kunci : Strategi penguatan, Personal Branding, Haru Book Café Ponorogo,
Instagram.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teknologi komunikasi dan informasi semakin
canggih memberikan banyak kemudahan bagi segala aspek kehidupan manusia, salah
satunya yaitu dalam hal berbisnis. Instagram merupakasan salah satu aplikasi yang
memberikan kemudahan bagi para pebisnis untuk memasarkan dan mempromosikan
produknya. Salah satu tempat yang menggunakan Instagram sebagai strategi Personal
branding adalah coffee shop. Pengelolaan ketat menuntut para pelaku usaha coffe shop
untuk melakukan perubahan agar produk yang dipasarkan dapat bertahan dan terus
berkembang.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan dan menganalisis mengenai
latar belakang dipilihnya strategi penguatan Personal branding dalam menarik
pengunjung di Haru Book Cafe Ponorogo; (2) menganalisis mengenai proses
implementasi strategi penguatan Personal branding di Haru Book Cafe Ponorogo; (3)
menganalisis mengenai faktor pendukung dan penghambat strategi penguatan Personal
branding di Haru Book Cafe Ponorogo melalui media sosial Instagram. Penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, latar bealakang dipilihnya srategi
penguatan Personal branding dalam menarik pengunjung di Haru Book Café Ponorogo
berawal dari kejadian unik yang terjadi di mayoritas wilayah di Indonesia. yang seringkali
kedapatan menyelundupkan makanan dan minuman ke dalam perpustakaan sehingga dari
hal tersebut memicu ide untuk mendirikan café yang mengusung konsep library book
café. Proses pengimplementasian strategi penguatan Personal branding di Haru Book
Café Ponorogo melalui media sosial Instagram yaitu pemaksimalan manajemen
pengorganisasian dengan terdapatnya konten kreator yang bertugas untuk membuat
promosi melalui media sosial Instagram, lalu terdapatnya karyawan pengarsipan yang
bertugas sebagai penata dekorasi sekaligus yang mengurusi stok perbukuan, dan
terdapatnya kitchen staff yang bertugas untuk mengurusi sajian makanan yang dijual di
Haru Book Cafe. Pemaksimalan kegiatan promosi melalui media sosial Instagram juga
perlu, mulai dari terdapatnya fitur posting, reels, kanal untuk saling berkomentar, hingga
instastory yang memungkinkan para content creator Haru Book Café dapat mengupdate
kondisi café secara terkini. Selain itu juga sering diadakannya event untuk
menyemarakkan peringatan hari-hari special di mana dalam setiap penyelenggaraan event
tersebut, juga menghadirkan narasumber yang ahli di dalam bidangnya dan disesuaikan
dengan tema event yang diselenggarakan Sehingga semakin menyemarakkan branding
dari Haru Book Café yang peduli dengan ranah pendidikan. Faktor pendukung di dalam
pengimplementasian strategi Personal branding di Haru Book Café Ponorogo melalui
media sosial Instagram lebih mengarah pada potensi manajerial yang selama ini telah
dimiliki oleh Haru Book Café. Adapun mengenai faktor penghambatnya lebih mengarah
pada ketergantungan terhadap impor produk, dan impor karyawannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faiq Ainurrofiq
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Jun 2024 05:28
Last Modified: 03 Jun 2024 05:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27952

Actions (login required)

View Item View Item