Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Layanan di SMK PGRI 2 Ponorogo

Maliha, Hani (2024) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Layanan di SMK PGRI 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
HANI MALIHA_SKRIPSI_206200098.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Maliha, Hani. 2024. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Layanan di SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dian Pratiwi, S.E, M.M.
Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, Mutu Layanan
Sumber daya manusia memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi, termasuk juga dalam organisasi pendidikan khususnya sekolah/madrasah, maka dari itu sumber daya manusia perlu dikelola dengan baik. Dengan adanya manajemen diharapkan sumber daya manusia (tenaga pendidik dan kependidikan) dapat dikelola dengan optimal. Pengelolaan sumber daya manusia di SMK PGRI 2 Ponorogo mempunyai peran penting dalam peningkatan mutu layanan sehingga dapat menghasilkan layanan yang bermutu dan berkualitas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan secara berkesinambungan. Dengan ini peneliti diharapkan dapat memberikan kontribusi pengelolaan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu layanan SMK PGRI 2 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses manajemen sumber daya manusia di SMK PGRI 2 Ponorogo; (2) mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat proses manajemen sumber daya manusia di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian, dan verifikasi. Ketekunan pengamatan, perpanjangan pengamatan, dan triangulasi digunakan untuk menguji keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya (1) proses manajemen sumber daya manusia di SMK PGRI 2 Ponorogo melalui beberapa tahapan yaitu: (a) rekrutmen SMK PGRI 2 Ponorogo sesuai dengan kebutuhan sekolah; (b) proses seleksi menggunakan metode tes tulis, tes wawancara, pengarahan tenaga pendidik dan kependidikan yang baru; (c) pelatihan sumber daya manusia dengan melalui kerja sama dengan pihak luar, pelatihan, diklat, seminar, KKG, dan MGMP sedangkan tenaga kependidikan dengan metode rotasi jabatan; (d) kompensasi yang diberikan berupa kompensasi upah/gaji, insentif, tunjangan, dan fasilitas, selain itu juga berupa punishment; (e) proses penilaian dilaksanakan di akhir semester yang disebut dengan kegiatan supervisi. Supervisi dilakukan oleh kepala sekolah dan bagian kurikulum; (2) faktor pendukung pengelolaan SDM yaitu: motivasi kepala sekolah yang berkesinambungan, dana yang memadai , public relation yang baik. Adapun faktor penghambat yaitu: kurangnya kesadaran SDM akan pentingnya kegiatan penilaian dan sarana prasarana yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dian Pratiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 May 2024 01:02
Last Modified: 31 May 2024 01:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27925

Actions (login required)

View Item View Item