Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal, Return Dan Risk Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Ponorogo Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening

Huda, Miftakul (2024) Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal, Return Dan Risk Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Ponorogo Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401200072_Miftakul Huda_Ekonomi Syariah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Huda, Miftakul. Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal, Return Dan Risk Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Ponorogo Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Skripsi, 2023 Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Ely Masykuroh, S.E., M.SI.
Kata Kunci: Pengetahuan Investasi, Modal, Return, Risk, Keputusan Investasi, dan Kepercayaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keputusan investasi mahasiswa yang di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu Pengetahuan Investasi, Modal Return dan Risk serrta kepercayaan sebagai variabel intervening. Penelitian ini dengan objek mahasiswa fakultas ekonomi yang ada di Kabupaten Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan Regresi linier berganda serta menggunakan analisis path. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data adalah menggunakan kuisioner dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini 5910 mahasiswa Fakultas Ekonomi di Kabupaten Ponorogo dengan jumlah sampel 98 mahasiswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keputusan investasi mahasiswa Fakultas Ekonomi yang sudah mendapatkan sekolah pasar modal dan berdasarkan teori faktor-faktor yang mempengaruhi diantaranya Pengetahuan Investasi, Modal, Return dan Risk, namun dalam pre researd ditemukan kesenjangan antara teori dengan data. Sehinga penelitian ini mau mencoba menguji kembali teori tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pengetahuan Investasi, Modal, Return dan Risk mempengaruh secara signifikan terhadap keputusan investasi mahasiswa Fakultas ekonomi yang ada di Kabupaten Ponorogo. Namun kepercayaan tidak mampu memediasi antara Pengetahuan Investasi, Modal, Return dan Risk hal ini ditunjukan pada hasil akhir yang memiliki nilai lebih rendah dibangdikan secara langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 May 2024 02:06
Last Modified: 30 May 2024 02:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27901

Actions (login required)

View Item View Item