Efektivitas Discovery Learning dan Cooperative Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Plajaran Fikih Kelas X MAN 4 Madiun

Rengganis, Mutiara Dwi Sapna (2024) Efektivitas Discovery Learning dan Cooperative Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Plajaran Fikih Kelas X MAN 4 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
MUTIARA DWI SAPNA RENGGANIS_201200352_SKRIPSI UPLOAD PERPUS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rengganis, Mutiara Dwi Sapna. 2024. Efektivitas Discovery Learning dan Cooperative Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X MAN 4 Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing: Rihab Wit Daryono, M.Pd.

Kata Kunci : Discovery Learning, Cooperative Learning, Kemampuan Berpikir kritis.

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu tujuan pendidikan. Kemampuan berpikir kritis menjadi kemampuan yang perlu dikuasai oleh siswa khususnya pada pembelajaran fikih yang mempelajari permasalahan yang berkaitan dengan ibadah sehari-hari. Berdasarkan data yang diperoleh di MAN 4 Madiun ditemukan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fikih berada dalam kategori rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata Penilaian Tengah Semester siswa kurang dari KKM. Maka dari itu, diperlukan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui hasil kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model discovery learning, cooperative learning, dan konvesional pada pembelajaran fikih kelas X MAN 4 Madiun, 2) Mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis pretest dan posttest pada pembelajaran fikih siswa kelas X MAN 4 Madiun, 3) Mengetahui efektivitas penggunaan ketiga model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siwa kelas X MAN 4 Madiun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest non equivalent control grup design. Sampel sebanyak 95 siswa dari jumlah seluruh populasi kelas X MAN 4 Madiun yang berjumlah 127 siswa. Pemilihan sampel menggunakan metode non-probability teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik parametis yang meliputi paired sample t test, one way anova, dan n gain.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa 1) Hasil kemampuan berpikir kritis siswa kelas discovery learning memperoleh 11,13, sedangkan kelas cooperative learning memperoleh 8,34, dan kelas kontrol memperoleh 14,87. 2) Adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis pretest dan posttest pada masing-masing kelas. Hasil uji anova pretest ketiga kelas terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas discovery learning dan kontrol serta cooperative learning dan kontrol. Hasil uji anova posttest ketiga kelas tidak ada perbedaan rata-rata yang signifikan. 3) Model pembelajaran discovery learning paling efektif dilaksanakan, dibuktikan dengan nilai n gain 0,312 kategori sedang. Sedangkan model cooperative learning dan konvesional berada pada kategori rendah dengan nilai 0,215 dan 0,255 yang berarti tidak lebih efektif diterapkan dibandingkan discovery learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rihab Wit Daryono
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 May 2024 01:37
Last Modified: 29 May 2024 05:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27874

Actions (login required)

View Item View Item