Wahyuni, Rika Duta (2024) Komparasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis antara yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematis Education (RME) Berbantuan Media Gambar di Kelas III MI Ma'arif Singosaren Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200229_RIKA DUTA WAHYUNI_PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, sebagai sarana dalam meningkatkan pola pikir kesadaran berkembangnya budaya, sarana dalam pengenalan pola-pola hubungan dan proses generalisasi pengalaman. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak kendala dalam kemampuan pemahaman konsep matematika. Penyebabnya masih banyak kegiatan pembelajaran matematika yang masih menggunakan model tidak RME, dimana kurang efektif dalam kegiatan pembelajaran. Upaya untuk mengatasi hal tersebut peneliti melakukan penelitian terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan motode pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas III pada pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan RME berbantuan media gambar di MI Ma’arif Singosaren. (2) bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas III pada pembelajaran matematika yang tidak menggunakan pendekatan RME berbantuan media gambar di MI Ma’arif Singosaren. (3) Ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis yang menggunakan dan tidak menggunakan pendekatan RME berbantuan gambar siswa MI Ma’arif Singosaren.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis True-Eksperimental seperti pretest-posttest, pengambilan data dilakukan dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran, menggunakan pretest dan posttest. Sabjek penelitian ini yaitu kelas IIIA sebagai kelas kontrol dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen. Data penelitian diolah dan dilakukan dengan uji hipotesis berupa uji Independent t test.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Penggunakan pendekatan RME pada pemahaman konsep matematis kelas eksperimen cukup bagus dengan nilai rata-rata 77,928 dan kelas kontrol 63,642. (2) Pemahaman peserta didik yang tidak menggunakan pendekatan RME dengan bantuan media gambar sangat rendah nilainya dibandingkan dengan yang menggunakan RME. (3) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan RME dengan media gambar dengan thitung 3,160 > ttabel 2,048 dengan signifikasi 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Kurnia Hidayati |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 May 2024 01:28 |
Last Modified: | 29 May 2024 01:29 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27870 |
Actions (login required)
View Item |