Prasetya, Andrian Wahyu (2024) Peran Kepala Madrasah sebagai Manajer dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di MA Al-Islam Joresan Mlarak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI ANDRIAN WAHYU PRASETYA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Prasetya, Andrian Wahyu. 2024. Peran Kepala Madrasah sebagai Manajer dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MA Al-Islam Joresan Mlarak. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Umar Sidiq, M.Ag.
Kata Kunci: Kepala Madrasah, Manajer, Kinerja Tenaga Kependidikan.
Madrasah dalam mencapai tujuan mengharuskan partisipasi dari sumber daya manusia yang berada di madrasah tersebut. Kinerja tenaga kependidikan merupakan hal yang penting untuk mendukung berjalannya kegiatan administrasi madrasah. Dalam upaya meningkatkan kinerja tenaga kependidikan peran kepala madrasah sebagai manajer dapat memberikan solusi yang terbaik dan mampu mengembangkan sumber daya manusia. Berbagai penelitian terkait peran kepala madrasah sebagai manajer telah banyak dilakukan, namun belum ada yang membahas tentang fokus pada kinerja tenaga kependidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) Perencanaan kepala madrasah sebagai manajer dalam upaya meningkatkan kinerja tenaga kependidikan; (2) Implementasi kepala madrasah sebagai manajer dalam upaya meningkatkan kinerja tenaga kependidikan; dan (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat yang memengarui kinerja tenaga kependidikan.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif di lapangan. Pengambilan data dilakukan dengan melalui teknik observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling adalah penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Partisipan penelitian bersumber dari kepala madrasah, staf tenaga kependidikan MA Al-Islam Joresan. Data dari hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data menurut Miles, Huberman dan Jhonny Saldana Matthew meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) Perencanaan kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan menunjukkan bahwa sebelum melakukan perencanaan yang pertama membentuk tim, kedua membuat mapping dan selanjutnya adalah merencanakan kegiatan rapat dengan seluruh tenaga kependidikan. Adapun dalam hal ini perencanaan yang dimaksud adalah mapping dan job description. (2) Implementasi kepala madrasah sebagai manajer merupakan bentuk penerapan atau pelaksanaan dalam implementasi ini dilakukan dengan cara pemberian motivasi oleh kepala madrasah kepada seluruh staf tenaga kependidikan. Tahap akhir dari implementasi ini adalah dengan mengadakan evaluasi. (3) Faktor pendukung kinerja tenaga kependidikan meliputi unsur-unsur: manusia, uang, sarana dan prasarana, metode. Adapun faktor penghambat meliputi unsur-unsur: manusia dan waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Umar Sidiq |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 May 2024 01:28 |
Last Modified: | 29 May 2024 01:28 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27869 |
Actions (login required)
View Item |