Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang Kaki Lima Di Kawasan Taman Bantaran

Setiani, Marbela Cakra (2024) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang Kaki Lima Di Kawasan Taman Bantaran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
MARBELA CAKRA SETIANI_102200129_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (955kB)

Abstract

Cakra Setiani,Marbela, 2024.Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang Kaki Lima Dikawasan Taman Bantaran. Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.Pembimbing Ima Frafika Sari M.Pd
Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Perilaku Pedagang Kaki Lima
Pedagang kaki lima adalah pelaku usaha yang melakukan usaha perdagangan di tempat umum. Menurut Muslich Etika bisnis islam menuntut dan mengarahkan kaum muslimin untuk melakukan tindakan sesuai dengan apa yang diperbolehkan dan dilarang oleh Allah SWT, termasuk dalam melakukan aktivitas ekonomi etika dalam bisnis berfungsi untuk menolong pelaku bisnis memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan moral dalam praktik bisnis yang dihadapi. Pedagang kaki lima banyak dijumpai di Kawasan Taman Bantaran. Pedagang kaki lima yang berjualan disana banyak yang tidak menepatkan daganganya sesuai dengan tempat yang telah disediakan, tidak menata lapaknya secara rapi dan teratur serta masih ditemukan beberapa lapak yang sampahnya masih berserakan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana analisis prinsip tanggung jawab etika bisnis islam terhadap perilaku pedagang kaki lima di Kawasan Taman Bantaran? (2) Bagaimana analisis prinsip kejujuran etika bisnis islam terhadap perilaku pedagang kaki lima di Kawasan Taman Bantaran?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan oleh penuis merupakan jenis penelitian apangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah Analisa induktif adalah proses berfikir dari fakta empiris yang didapat dilapangan yang kemudian dianalisis dan berakhir dengan kesimpulan terhadap permasalahan yang diteliti berdasarkan data yang telah didapat dari lapangan.
Dari penelitian ini dapat disimpulakan bahwa (1) Pedagang kaki lima di Taman Bantaran memiliki tanggung jawab yang kurang baik terhadap kerapian dan kebersihan di area sekitar lapak. Hal tersebut dibuktikan dengan masih banyaknya gerobak yang tidak tertata dengan rapi dan banyaknya sampah yang berserakan di area lapak berjualan Hal tersebut tentunya dapat menggangu kenyaman dan mengurangi nilai estetika dari Taman Bantaran. Ditinjau dari segi tanggung jawab menjaga kepercayaaan/amanah yang dibelikan oleh pembeli, pedagang kaki lima Taman bantaran telak melakukannya dengan baik. (2) ) Pedagang kaki lima di Taman Bantaran Kota Madiun telah menerapkan prinsip kejujuran dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan kejujuran yang dilakukan oleh pedagangnya. Mereka mengatakan yang sebenarnya tanpa ditutup-tutupi. Pedagang kaki lima di Taman Bantaran memberikan infomasi yang jelas terhadap kualitas produknya, melakukan transaksi yang jujur dan tidak memanipulasi kuantitas produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ima Frafika Sari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2024 08:43
Last Modified: 28 May 2024 08:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27862

Actions (login required)

View Item View Item