Implementasi Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dalam Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Al-Jayadi Dagangan Madiun

Hidayah, Karismatul (2024) Implementasi Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dalam Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Al-Jayadi Dagangan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200322_KARISMATUL HIDAYAH_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hidayah, Karismatul. 2024. Implementasi Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dalam Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Al-Jayadi Dagangan Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.

Kata Kunci: Menghafal Al-Qur’an, Metode Tutor Sebaya, Santri

Menghafal al-Qur’an merupakan pekerjaan yang sangat mulia, akan tetapi dalam prosesnya tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. Permasalahan yang sering terjadi dalam kegiatan menghafal al-Qur’an yaitu rendahnya motivasi menghafal, tidak fokus, canggung meminta bantuan teman untuk menyimak hafalan, kurang terbuka atas kesulitan yang dihadapi dan kurangnya rasa percaya diri. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan metode menghafal al-Qur’an yang sesuai dengan kebutuhan santri, salah satunya yaitu dengan penerapan metode tutor sebaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) implementasi metode tutor sebaya (peer tutoring) dalam kegiatan menghafal al-Qur’an santri Pondok Pesantren Al-Jayadi Dagangan Madiun; (2) faktor pendukung dan penghambat kegiatan menghafal al-Qur’an santri dengan metode tutor sebaya (peer tutoring) di Pondok Pesantren Al-Jayadi Dagangan Madiun; (3) dampak implementasi metode tutor sebaya (peer tutoring) dalam kegiatan menghafal al-Qur’an santri Pondok Pesantren Al-Jayadi Dagangan Madiun.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif dengan hasil data berupa deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan konsep dari Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Implementasi metode tutor sebaya dalam kegiatan menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Jayadi terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan juga evaluasi. Setiap tahapan tersebut terdiri dari beberapa kegiatan yang berbeda-beda. (2) Faktor pendukung kegiatan menghafal al-Qur’an santri dengan metode tutor sebaya (peer tutoring) di Pondok Pesantren Al-Jayadi Dagangan Madiun adalah santri tentor yang terseleksi, motivasi, bimbingan dari ustadz dan ustadzah, kepedulian santri di lingkungan pesantren, dan fasilitas pendidikan, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kemampuan memahami tajwid, ketidakmampuan mengatur waktu hafalan, pengaruh teman, lupa dan rasa malas. (3) Metode tutor sebaya memberikan dampak yang signifikan terhadap hafalan santri, diantaranya yaitu kemampuan hafalan santri yang semakin baik. Hal tersebut dilihat ketika setoran hafalan berlangsung santri dapat melafadzkan ayat-ayat al-Qur’an dengan lancar, panjang pendeknya bacaan sesuai hukum tajwid. Selain itu, semangat hafalan santri juga semakin meningkat, karena ketika terjadi permasalahan yang berkaitan dengan hafalan akan dibantu untuk dicarikan solusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2024 01:51
Last Modified: 28 May 2024 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27838

Actions (login required)

View Item View Item