Riski, Sofia Eka Nada (2024) implementasi kurikulum takmiliyah awaliyah dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama islam di madrasah diniyah tarbiyatul ihsan kaponan mlarak ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SOFIA EKA NADA RISKI_201200401_PAI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Nada Riski, Sofia Eka. 2024. Implementasi Kurikulum Takmiliyah Awaliyah dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ihsan Kaponan Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing H. Mukhlison Effendi, S.Ag, M.Ag.
Kata Kunci: Takmiliyah Awaliyah, Pendidikan Agama Islam, Madrasah Diniyah.
Madrasah diniyah menjadi objek yang menarik untuk dikaji lebih dalam, mengingat dinamika dan perkembangannya yang dinamis dan eksis dilingkungan masyarakat. Seiring perkembangan pendidikan dengan pembaharuan yang terjadi di Indonesia, madrasah diniyah harus memunculkan ide pembaharuan yang berfokus pada permasalahan pendidikan Islam khususnya dari segi efektivitas dan efisiensi dalam proses belajar yaitu mulai dari pengelolaan sarana prasarana, kurikulum yang terstuktur dan sumber daya manusia yang berkualitas. Dilihat dari fenomena yang telah terjadi, kurikulum tidak bisa terlepas dari proses pembelajaran pendidikan agama Islam karena kurikulum merupakan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum takmiliyah awaliyah hadir sebagai upaya dalam meningkatkan pendidikan agama Islam yang lebih optimal dan mampu memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat khususnya pada ranah pendidikan Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) implementasi kurikulum takmiliyah awaliyah di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ihsan Kaponan Mlarak Ponorogo, (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum takmiliyah awaliyah di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ihsan Kaponan Mlarak Ponorogo, (3) implementasi kurikulum takmiliyah awaliyah dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ihsan Kaponan Mlarak Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala madrasah, Ustadzah dan santri Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ihsan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan model analisa Miles Huberman dan Saldana melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisa data ditemukan bahwa (1) implementasi kurikulum takmiliyah awaliyah di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ihsan sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Takmiliyah Awaliyah dari Kementerian Agama Republik Indonesia dan dipadukan dengan kurikulum lokal yang menyesuaikan kebutuhan santri dan kondisi lingkungan madrasah. (2) Faktor pendukung implementasi kurikulum takmiliyah awaliyah di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ihsan yaitu perencanaan kurikulum yang optimal, lingkungan belajar yang baik, sarana prasarana yang memadai, hubungan kerjasama yang baik antara yayasan, wali santri, santri dan ustadzah serta tenaga pendidik yang berkompeten. Faktor penghambat implementasi kurikulum takmiliyah awaliyah di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ihsan yaitu alokasi waktu pembelajaran yang kurang maksimal, materi dan kompetensi dasar yang kompleks, tingkat pemahaman santri yang berbeda, karakteristik santri yang berbeda, dan ustadzah yang terlambat dan izin tidak hadir pada kegiatan pembelajaran. (3) Implementasi kurikulum takmiliyah awaliyah memiliki dampak positif dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ihsan. Setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan harus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan pembelajaran yang jelas dan terstruktur, materi ajar yang lengkap, metode pembelajaran yang sesuai, alokasi waktu yang sesuai mampu meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam pada santri di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Ihsan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mukhlison Effendi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 28 May 2024 01:49 |
Last Modified: | 28 May 2024 01:49 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27837 |
Actions (login required)
View Item |