Pengaruh Kepuasan Kerja, Manajemen Konflik dan Pemberdayaan Guru terhadap Loyalitas Guru SD Muhammadiyah Se-Kabupaten Ponorogo Tahun 2023/2024

Maryati, Ika (2024) Pengaruh Kepuasan Kerja, Manajemen Konflik dan Pemberdayaan Guru terhadap Loyalitas Guru SD Muhammadiyah Se-Kabupaten Ponorogo Tahun 2023/2024. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
502220020_Ika Maryati_S2 Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Maryati, Ika, Loyalitas merupakan perilaku ketaatan dan dedikasi terhadap tempat kerja maupun pekerjaannya serta bekerja dengan kedisiplinan dan bertanggung jawab terhadap tugas. Loyalitas guru meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan sekolah sehingga mampu bersaing dengan lembaga pendidikan sekitarnya. Penurunan loyalitas guru dapat mengganggu stabilitas sekolah dan pengalaman pendidikan siswa. Beberapa faktor dapat mempengaruhi loyalitas. Faktor-faktor seperti kepuasan kerja, lingkungan kerja yang berkaitan dengan manajemen konflik, dan pemberdayaan guru dapat mempengaruhi tingkat loyalitas guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya: (1) pengaruh kepuasan kerja berpengaruh terhadap loyalitas guru SD Muhammadiyah se-Kabupaten Ponorogo Tahun 2023/2024. (2) pengaruh manajemen konflik berpengaruh terhadap loyalitas guru SD Muhammadiyah se-Kabupaten Ponorogo Tahun 2023/2024. (3) pengaruh pemberdayaan guru berpengaruh terhadap loyalitas guru SD Muhammadiyah se-Kabupaten Ponorogo Tahun 2023/2024. (4) pengaruh kepuasan kerja, manajemen konflik dan pemberdayaan guru terhadap loyalitas guru SD Muhammadiyah se-Kabupaten Ponorogo Tahun 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket loyalitas guru dengan responden berjumlah 97 guru yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi statistik SPSS dan SmartPLS.
Berdasarkan analisis data ditemukan: (1) kepuasan kerja (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas guru (Y) SD Muhammadiyah se-Kabupaten Ponorogo tahun 2023/2024, sebesar 28,4%. (2) manajemen konflik (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas guru (Y) SD Muhammadiyah se-Kabupaten Ponorogo tahun 2023/2024, sebesar 9,9%. (3) pemberdayaan guru (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas guru (Y) SD Muhammadiyah se-Kabupaten Ponorogo tahun 2023/2024, sebesar 48,6%. (4) Kepuasan Kerja (X1), Manajemen Konflik (X2), dan Pemberdayaan Guru (X3) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Guru (Y) SD Muhammadiyah se-Kabupaten Ponorogo tahun 2023/2024, sebesar 57,9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ahmadi Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2024 01:43
Last Modified: 28 May 2024 01:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27823

Actions (login required)

View Item View Item