Efektivitas Project Based Learning dan Cooperative Learning dengan Media Google Site terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTsN 4 Madiun

Ni'mah, Sofakhusna (2024) Efektivitas Project Based Learning dan Cooperative Learning dengan Media Google Site terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTsN 4 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200400_SOFAKHUSNA NI'MAH_SKRIPSI E-THESES.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran dapat memberikan kontribusi pada tercapainya tujuan pendidikan itu sendiri. Pembelajaran yang berhasil dapat diketahui dari hasil belajar atau sejauh mana pemahaman konsep terkait apa yang mereka pelajari dapat diserap dengan baik dan mampu diterapkan, terlebih pada pembelajaran Akidah Akhlak, karena pemahaman konsep Akidah Akhlak ini dapat mempengaruhi perilaku dan akhlak siswa dalam kehidupan sehari-hari. Dalam rangka mewujudkannya, dibutuhkan aspek yang menunjang, seperti penerapan model pembelajaran yang tepat. Peneliti menemukan bahwa penerapan model pembelajaran guru masih secara konvensional dan kurang mengintegrasikan pemilihan media belajar sehingga pembelajaran terkesan monoton atau kurang menarik minat siswa serta siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan pemahaman konsep dengan menggunakan model pembelajaran project based learning, cooperative learning dan konvensional pada pembelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTsN 4 Madiun; 2) Mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep pretest dan posttest pada pembelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTsN 4 Madiun; 3) Mengetahui efektivitas menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan Cooperative Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTsN 4 Madiun.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis quasi experimental dengan desain pretest-posttest non equivalent control group design. Subjek penelitian yang menjadi sampel terdiri dari 77 siswa diambil dari jumlah populasi 220 siswa menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan tes. Analisis data menggunakan uji prasyarat, analisis statistik deskriptif, uji paired sample t-test, uji one way anova, uji ancova, uji n-gain, dan uji cohen’d effect size.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep pada model Project Based Learning sebesar 13,88%, pada model Cooperative Learning sebesar 14,18%, dan kelas kontrol sebesar 9,61%; 2) Adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep pretest dan posttest yang signifikan; 3) Efektivitas model Project Based Learning dan Cooperative Learning pada uji gain berada kategori sedang dengan nilai gain masing-masing sebesar 0,52 dan 0,54. Hasil uji cohen’d effect size diperoleh hasil sebesar 1,875 dan 1,682 termasuk dalam klasifikasi besar. Artinya tingkat efektivitas model Project Based Learning dan Cooperative Learning tergolong besar dan efektif untuk dilaksanakan.

Kata Kunci: Project Based Learning, Cooperative Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rihab Wit Daryono
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2024 05:57
Last Modified: 27 May 2024 05:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27803

Actions (login required)

View Item View Item