Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pemanfaatan Sarana Prasarana terhadap Kemandirian Belajar PAIBP Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Tulakan Pacitan Tahun Ajaran 2023/2024

Deviane, Chussella (2024) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pemanfaatan Sarana Prasarana terhadap Kemandirian Belajar PAIBP Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Tulakan Pacitan Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201200037_CHUSSELLA DEVIANE_PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Deviane, Chussella. 2024. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pemanfaatan
Sarana Prasarana terhadap Kemandirian Belajar PAIBP Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Tulakan Pacitan Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Kecerdasan emosional, Pemanfaatan sarana prasarana, Kemandirian Belajar PAIBP
Kemandirian belajar menentukan keberhasilan siswa dalam belajar, sehingga sikap mandiri ini penting dimiliki oleh setiap individu agar tercapainya kesuksesan dalam hidup. Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SMPN 1 Tulakan terdapat permasalahan terkait kemandirian belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dilihat dari ada beberapa yang tidak fokus dalam menyimak penjelasan dari guru, dan enggan bertanya selama pembelajaran. Ketika jam kosong, siswa tidak memiliki insiatif untuk belajar mandiri. Ketika presentasi di depan kelas siswa terlihat tidak percaya diri dan tidak disiplin. Kurangnya tanggung jawab dalam mengerjakan tugas, terlihat masih ada siswa yang mencontek hasil pekerjaan temannya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui signifikansi pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar PAIBP siswa kelas VIII di SMPN 1 Tulakan; (2) mengetahui signifikansi pengaruh pemanfaatan sarana prasarana terhadap kemandirian belajar PAIBP siswa kelas VIII di SMPN 1 Tulakan; (3) mengetahui signifikansi pengaruh kecerdasan emosional dan pemanfaatan sarana prasarana terhadap kemandirian belajar PAIBP siswa kelas VIII di SMPN 1 Tulakan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini mengambil di SMPN 1 Tulakan Pacitan kelas VIII yaitu sejumlah 202 siswa dengan sampel 133. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa (1) Kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar PAIBP siswa kelas VIII di SMPN 1 Tulakan Pacitan dengan presentase pengaruh sebesar 48,8%. (2) Pemanfaatan sarana prasarana berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar PAIBP siswa kelas VIII di SMPN 1 Tulakan Pacitan dengan presentase pengaruh sebesar 36,6%. (3) Kecerdasan emosional dan pemanfaatan sarana prasarana berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar PAIBP siswa kelas VIII di SMPN 1 Tulakan Pacitan dengan presentase pengaruh sebesar 53,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2024 03:26
Last Modified: 27 May 2024 03:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27787

Actions (login required)

View Item View Item