Efektivitas Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas VII di MTs Darussalam Ketandan Dagangan Madiun

Nurmaiza, Mazlina (2024) Efektivitas Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas VII di MTs Darussalam Ketandan Dagangan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
MAZLINA NURMAIZA_SKRIPSI ETHESIS.pdf

Download (7MB)

Abstract

Nurmaiza, Mazlina. 2024. Efektivitas Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas VII di MTs Darussalam Ketandan Dagangan Madiun. Skripsi, Jurusan pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Rihab Wit Daryono, M.Pd.
Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Problem Based Learning (PBL), Metode Contenxtual Teaching And Learning (CTL).

Pendidikan Agama Islam memiliki cabang mata pelajaran yang cukup banyak, salah satunya fikih. Pelajaran fikih merupakan mata pelajaran yang sangat vital dan bermanfaat, terutama untuk praktik keagamaan sehari-hari seperti materi salat Jumat. Akan tetapi 73,2% siswa di MTs Darussalam Ketandan Dagangan Madiun belum bisa mencapai hasil diatas KKM yaitu 75. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran fikih materi salat Jumat, diperlukan adanya metode yang mampu membuat siswa memahami materi yang sedang dipelajari dengan mudah, yaitu dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dan metode Contextual Teaching and Learning (CTL).
Penelitian ini, bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran fikih kelas VII di MTs Darussalam Ketandan Dagangan Madiun. (2) Mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar pre-test dan post-test dalam pembelajaran fikih kelas VII di MTs Darussalam Ketandan Dagangan Madiun. (3) Mengetahui efektivitas penggunaan metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fikih kelas VII di MTs Darussalam Ketandan Dagangan Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, tipe quasi experiment dengan pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs Darussalam Ketandan Dagangan Madiun Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 71 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya, VII A sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen metode PBL, VII B sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen metode CTL, dan VII C sebanyak 24 siswa sebagai kelas uji coba. Teknik dalam pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengguakan validitas dan reliabilitas terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan tahap menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t (paired sample t- test), uji t (independend sample t-test), dan uji N-Gain.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil belajar siswa menggunakan metode PBL memperoleh hasil rata-rata pada nilai pretest adalah 49 dan posttest 74 sehingga meningkat sebesar 25%. sedangkan metode CTL memperoleh hasil rata-rata pada nilai pretest adalah 62 dan posttest adalah 70 sehingga meningkat sebesar 8%. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest pada kelas PBL dan CTL, terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai pretest kelas PBL dan CTL dan tidak ada perbedaan yang signifikan pada nilai posttest kelas PBL dan CTL (3) Terdapat adanya efektivitas dalam menerapkan metode PBL dan metode CTL pada siswa di MTs Darussalam Ketandan. Diketahui Nilai Gain menunjukkan rata-rata pada kelas PBL adalah 0,47 dalam kategori sedang dan kelas CTL adalah 0,18 dalam kategori rendah. Artinya tingkat efektivitas pada metode PBL lebih besar dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan menggunakan metode CTL.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rihab Wit Daryono
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2024 01:31
Last Modified: 27 May 2024 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27742

Actions (login required)

View Item View Item