Taliya, Nur (2024) Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Siswa di SMP Negeri 2 Slahung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI 206200168 NUR TALIYA ethesis.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Siswa di lembaga pendidikan memegang peranan penting, karena siswa merupakan salah satu objek utama pelajaran. Siswa yang akan menjadi penerus generasi kedepan, yang menjadi investasi paling besar bagi negaranya. Namun, keadaan di Indonesia sangat mencemaskan khususnya pada tingkat menurunnya prestasi siswa. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan anak belum dikembangkan secara optimal, sehingga diperlukan pengarahan dalam pengembangan serta peningkatan akademik dan non akademik siswa untuk memenuhi kebutuhan tantangan di masa depan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perencanaan kesiswaan dalam peningkatan prestasi akademik dan non akademik siswa; (2) pembinaan kesiswaan dalam peningkatan prestasi akademik dan non akademik siswa; dan (3) hambatan dan upaya manajemen peningkatan prestasi akademik dan non akademik siswa.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Pengambilan data melalui wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari siswa, waka kesiswaan di SMP Negeri 2 Slahung dan kepala sekolah di SMP Negeri 2 Slahung. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan medel analisa Miles dan Huberman meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa perencanaan dilakukan sekali dalam setahun melalui rapat yang terdiri dari kepala sekolah, para guru, staf administrasi, komite sekolah dan siswa. Perencanaan ini membahas tentang penentuan pembina yang ahli, mengidentifikasi kecerdasan dan potensi siswa, pengelompokkan siswa, menentukan jadwal, mengidentifikasi fasilitas yang dibutuhkan, memotivasi belajar siswa dan program kedisplinan siswa. Selain itu, pembinaan dilakukan full day selama lima hari yaitu senin, selasa, rabu, kamis dan jum’at. Pembinaan kesiswaan dilakukan oleh pembina masing-masing kegiatan dan dibantu oleh para guru, pembinaan ini mencakup penyelenggaraan kegiatan, mendorong keikutsertaan siswa pada kegiatan, mengendalikan kedisplinan siswa dan seleksi siswa yang akan diikutsertakan dalam perlombaan. Sedangkan hambatan yang terjadi selama berlangsungnya kegiatan diantaranya kurangnya antusias dari siswa dalam kegiatan berlangsung, kurikulum yang padat, benturan waktu dengan kegiatan lain, 5 hari full day, sarana prasarana yang kurang dan teknis. Sedangkan upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam menghadapi hambatan-hambatan tersebut adalah memilih metode belajar yang tepat, memaksimalkan fasilitas pembelajaran, memanfaatkan media belajar yang ada, meningkatkan kualitas guru, evaluasi pembelajaran, menjadwalkan ulang kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah dan melakukan manajemen ulang dalam melakukan perencanaan atau pelengkapan di awal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Ghafar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:36 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:36 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27721 |
Actions (login required)
View Item |